Follow Us

Amankah Penderita Penyakit Ginjal Jalani Ibadah Puasa? Ternyata Begini Penjelasan Ahli

None, Nabila N C - Rabu, 15 April 2020 | 15:00
Ilustrasi ginjal
freepik

Ilustrasi ginjal

GridHype.ID - Sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa.

Puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi para umat muslim untuk menahan hawa nafsu, termasuk menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam, dalam kurun waktu satu bulan penuh.

Meski bersifat wajib, beberapa orang memang tidak disarankan untuk menjalankan puasa, salah satunya orang yang menderita penyakit serius.

Namun, beberapa penyakit tertentu masih menjadi perdebatan, apakah baik atau tidak apabila menjalankan puasa, salah satunya penyakit ginjal.

Baca Juga: Kabar Baik, Penetapan PSBB di Ibu Kota Berdampak Besar! Jumlah Pasien Sembuh dari Virus Corona Meningkat Tajam

Orang yang menderita penyakit ginjal memang tidak dilarang untuk puasa Ramadan.

Tapi tidak semua penderita ginjal bisa melaksanakan ibadah puasa.

Melansir Tribunnews, seorang dokter asal Kota Bandar Lampung, dr Endang Budiati mengatakan, apabila penderita ginjal melaksanakan puasa, yang mana tidak mendapat asupan air yang cukup, terlebih tidak konsumsi makanan berkalsium tinggi.

Kenapa? Karena dikhawatirkan bisa menyebabkan batu ginjal di saluran kencing.

Menurut dr Endang, umumnya penyakit ginjal dibagi dua, yaitu batu ginjal dan penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: 2 Kali Pindah Keyakinan hingga Akhirnya Dinikahi Bos Besar, Artis Cantik Ini Bongkar Perlakuan Mertua: Aku Sudah Kehilangan

Bagi penderita batu ginjal sebaiknya tidak berpuasa karena harus minum air lebih banyak dari orang normal, yaitu 3- 4 liter.

Source : GridHealth.ID

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest