Sejak Lepas dari Indonesia, Timor Leste Lakukan Hal Mencengangkan Ini

Jumat, 29 Januari 2021 | 17:00
Timorman

Strategi Timor Leste cegah kematian akibat Covid-19 diakui dunia.

GridHype.ID - Meski sudah 21 tahun merdeka dari Indonesia, rupanya Timor Leste belum merasakan kebebasan.

Sejak memutuskan menjadi negara sendiri,Timor Leste menghadapi berbagai permasalahan termasuk ekonomi hingga kerusakan alam.

Kini, negara yang dulunya merupakan koloni dari Portugis tersebut membentuk sebuah program.

Hinga lambat laun masalah kerusakan alam Timor Leste berkurang dan bahkan negara itu kini berjualan 'kredit karbon'.

Baca Juga: Sambiloto Disebut Bisa Atasi Covid-19, Ini Kata Guru Besar UKI

Kredit karbon adalah perdagangan emisi antar negara di mana negara yang emisi karbonnya rendah bisa menjual porsi emisi yang belum digunakan ke negara yang tingkat emisinya melebihi rata-rata.

Bagaimana semua itu bermula?

Berada di wilayah ketinggian di pegunungan Timor Leste, sekelompok petani subsisten mendapatkan penghasilan untuk bertahan hidup dengan menanam pohon untuk menentukan nasib masa depan sendiri dan komunitas.

Baca Juga: Blak-blakan, Rachel Vennya Bongkar Alasan Dirinya Melepas Jilbab

Melansir World Economic Forum, Selasa (26/1/2021), program hutan kemasyarakatan WithOneSeed dimulai di Baguia, Timor Leste, pada tahun 2009.

Itu merupakan satu-satunya program penggantian kerugian karbon masyarakat bersertifikat Standar Emas (Gold Standard) di wilayah tersebut.

Sebagai usaha sosial masyarakat, WithOneSeed mendirikan pembibitan tanaman berbasis desa untuk menanam bibit dan kemudian memberikan insentif tahunan kepada pemilik lahan kecil untuk menghutankan kembali tanah mereka dengan menanam dan memelihara pohon.

Baca Juga: Masih Sedih Pasca Keguguran, Putri Delina Lakukan Ini pada Nathalie Holscher

Lebih dari 980 petani subsisten menjadi bagian dari program ini, yang memungkinkan mereka memperoleh penghasilan sambil mengambil tindakan nyata terhadap perubahan iklim.

WithOneSeed membuat empat komitmen:

- untuk mengatasi kerusakan lingkungan melalui reboisasi masyarakat;

- untuk membangun ekonomi desa melalui pembayaran kepada petani pemilik lahan kecil yang menanam dan memelihara pohon hutan;

Baca Juga: Saking Banyaknya Job Syuting, Prilly Latuconsina Belum Siap Nikah Muda

- untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya pohon untuk adaptasi iklim dan langkah-langkah mitigasi;

- dan untuk membangun kemitraan regional untuk berkolaborasi dalam perubahan iklim.

Masyarakat pedesaan di Timor Leste telah bergantung pada pertanian subsisten selama beberapa generasi.

Baca Juga: Kocak! Begini Cara Deddy Corbuzier Balas Nyinyiran Aldi Taher

Banyak keluarga subsisten hidup dengan kurang dari satu dolar per hari.

Sejak negara tersebut mencapai kemerdekaan pada tahun 2002, komunitas yang sama ini sangat menyadari dampak negatif dari kerusakan lingkungan dan pentingnya regenerasi lingkungan untuk kelangsungan hidup mereka.

WithOneSeed memberikan solusi yang memungkinkan masyarakat untuk mengatasi masalah ini dan masyarakat desa sekarang menuai manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi dari program reboisasi masyarakat WithOneSeed.

Baca Juga: Dapat Kiriman Tahu Goreng via Drive Thru, Betapa Terkejutnya Petugas Lapas Lantaran Temukan Benda Haram Ini

Dengan 200.000 pohon ditanam dan lebih dari 80.000 ton CO₂ dihilangkan dari atmosfer global (hingga saat ini), tindakan kolektif ini telah memungkinkan 45.000 kredit karbon untuk dijual kepada perusahaan dan individu yang berkomitmen untuk mengurangi karbon.

Lebih dari $ 400.000 telah dibayarkan langsung ke perekonomian desa Baguia dari penjualan kredit karbon.

Di tingkat lokal, manfaat lingkungan dari WithOneSeed sangat signifikan.

Baca Juga: Ayah Indah Permatasari Angkat Bicara Alasan Istrinya Belum Berikan Restu, Sebut Nursyah Ingin Cari Mantu Pengusaha

Selain membantu mengurangi tingkat karbon atmosfer, reboisasi mengurangi erosi tanah dan meningkatkan kualitas tanah dan air, sehingga mempengaruhi hasil panen dan nutrisi.

Pada gilirannya, hal itu mengarah pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, dan mendorong perkembangan regeneratif.

Manfaat sosial dan ekonomi WithOneSeed juga sangat besar.

Baca Juga: Tak Sia-sia Habiskan 5 Jam untuk Gambar Ini, Pihak Aqua Langsung Hubungi sang Pelukis

Dalam banyak kasus, program ini menggandakan pendapatan tahunan keluarga petani subsisten dengan pembayaran insentif: sejumlah kecil per pohon untuk setiap tahun pohon hidup yang dihasilkan dari penjualan kredit karbon.

Penghasilan tambahan meningkatkan kemandirian finansial dan kebebasan keluarga untuk memilih cara hidup, termasuk kemungkinan bagi anak-anak untuk menyelesaikan sekolahnya.

Program ini membantu membangun ekonomi lokal, meningkatkan pendidikan dan pelatihan, serta meningkatkan partisipasi sosial dan ekonomi.

Baca Juga: Dikecewakan Putri Sulung hingga Menitikkan Air Mata, Nia Ramadhani: Salah Dimana Ya

Pada tingkat nasional, perekonomian Timor Leste telah bergantung pada bahan bakar fosil dengan sumber daya utamanya adalah cadangan minyak dan gas.

WithOneSeed membuka model ekonomi alternatif, penting untuk dorongan global yang terus berkembang menuju energi terbarukan, divestasi bahan bakar fosil, dan tindakan segera untuk pengurangan karbon.

Di tingkat internasional, program dan penekanannya pada pemulihan lingkungan dan peningkatan pendapatan subsisten membahas 10 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Baca Juga: Terpaut Beda Usia 13 Tahun, Ali Syakieb Siap Pinang Margin Wieheerm karena Alasan Ini

Premis sederhana dari filosofi WithOneSeed adalah bahwa menempatkan dolar yang "diperoleh" di saku seseorang memberi mereka kekuatan untuk membuat keputusan untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka.

Ini bergerak melampaui amal dan bantuan menuju mata pencaharian berkelanjutan yang memberikan rasa hormat, harga diri, penentuan nasib sendiri dan kemandirian.

WithOneSeed telah mengembangkan dan menerapkan platform teknologi yang disebut TreeO2.

TreeO2 menggunakan tag RFID yang dipasang di setiap pohon setinggi dada.

Baca Juga: Usai Lakukan Isolasi Mandiri, Gisella Anastasia Kena Protes Gempi Gara-gara Dekat dengan Kucing, Terungkap Hal Ini yang Dikhawatirkan Putrinya

Setiap petani diberikan kartu keanggotaan WithOneSeed, yang juga berisi chip RFID, memberi mereka dan setiap pohon sebuah ID unik.

Kedua ID dihubungkan oleh TreeO2 yang memungkinkan program untuk menyimpan berbagai data, termasuk jumlah pohon yang dikelola setiap petani, tanggal penanaman, spesies, lokasi GPS, pengukuran keliling, simpanan karbon dan informasi pembayaran petani.

TreeO2 menyimpan informasi ini di server berbasis cloud yang dapat dianalisis kapan saja.

Baca Juga: Perkenalkan Metode Baru, China Kini Gunakan Swab Anal untuk Deteksi Covid-19

Ini terkait dengan teknologi penginderaan satelit jarak jauh untuk memberikan catatan yang sangat akurat tentang hutan dan perolehan karbon.

TreeO2 memainkan peran penting dalam mengelola hutan baru dan akan memberikan keuntungan efisiensi dan transparansi yang signifikan, terutama untuk sertifikasi dan penjualan kredit karbon selanjutnya.

Platform ini juga akan menghemat biaya terkait dengan biaya audit kinerja, yang dapat menjadi faktor penghambat yang signifikan bagi partisipasi petani kecil dalam kegiatan kehutanan masyarakat.

Baca Juga: Malaysia Rela Tutup Sebagian Besar Ekonomi Utamanya Demi Hentikan Lonjakan Penyebaran Wabah Covid-19

TreeO2 bertujuan untuk mengurangi waktu dan biaya secara signifikan dalam mempertahankan program hutan kemasyarakatan petani kecil di mana pun di dunia dan memberikan keyakinan dan transparansi yang besar bahwa kami benar-benar melakukan apa yang kami katakan.

Delegasi Uni Eropa di Timor Leste baru-baru ini telah menyumbangkan € 3 juta (sekitar Rp51,2 miliar) untuk memungkinkan program WithOneSeed memperluas aktivitasnya ke kota-kota lain di seluruh negeri.

Penduduk Timor Leste adalah salah satu penghasil polusi karbon per kapita terendah di dunia.

Baca Juga: Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta Dikabarkan Bakal Dilimpahkan ke Pemerintah Pusat, Anies Baswedan Angkat Bicara

Meskipun demikian, keterlibatan aktif WithOneSeed menunjukkan bagaimana mereka yang berada di garis depan kerusakan iklim seringkali adalah mereka yang paling bersedia bertindak untuk mengatasi masalah karbon global.

Petani pohon di Timor Leste memimpin dengan mengambil tanggung jawab dan meregenerasi hutan.

Sebagai warga dunia, ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Alamnya Hancur Lebur Sejak Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Kini Malah Bisa Jualan 'Kredit Karbon', Uni Eropa Sampai Sumbang Puluhan Miliar Rupiah

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya