Follow Us

Biasanya Diidap Lansia, Pemuda 19 Tahun Ini Jadi Pasien Alzheimer Termuda di Dunia

Helna Estalansa, None - Minggu, 19 Februari 2023 | 19:00
Alzheimer
Anna Shvets/pexels

Alzheimer

GridHype.ID - Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan penyakit Alzheimer bukan?

Biasanya diidap orang lanjut usia, penyakit Alzheimer justru diderita oleh seorang pemuda ini.

Ya, baru berusia 19 tahun, seorang pria asal China didiagnosis mengidap penyakit Alzheimer.

Seorang pria berusia 19 tahun dari China itu lantas menjadi pasien termuda di dunia yang didiagnosis dengan kemungkinan penyakit Alzheimer.

Pasien ini mengalami hilang ingatan dan kesulitan berkonsentrasi di sekolah selama dua tahun, dan dokter yang memeriksanya menyimpulkan bahwa dia memenuhi kriteria diagnostik untuk penyakit Alzheimer, yang paling umum terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun.

Sementara itu, keluarga pasien dalam kasus ini tidak memiliki riwayat penyakit Alzheimer, dan tidak ada tanda-tanda selama masa kecilnya bahwa ia mungkin berisiko terkena penyakit saraf.

Namun, seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (17/2/2023) laporan kasus menjelaskan dengan jelas dampak dari kesulitan ingatannya mulai terjadi pada dirinya di tahun sebelum dia didiagnosis.

“Dia tidak dapat mengingat peristiwa dari satu hari sebelumnya atau tempat barang-barang pribadinya. Dia juga mengalami kesulitan membaca dan bereaksi," tulis laporan tersebut.

Laporan itu juga memaparkan bahwa pasien tidak dapat mengingat apakah sudah makan atau belum.

Ia tidak dapat menyelesaikan pendidikannya dan harus mengundurkan diri dari sekolah meski memiliki prestasi akademik di atas rata-rata sebelum mengalami penurunan kognitif yang signifikan.

Penyebab Alzheimer di usia muda

Baca Juga: Belajar dari Dorce Gamalama yang Idap Alzheimer di Usia 58 Tahun, Tak Ada Salahnya Mulai Rutin Konsumsi Minuman Ini Setiap Pagi Selagi Belum Terlambat

Source : Kompas.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest