Follow Us

Begini Sejarah Kalender China yang Jadi Penentu Tahun Baru Imlek

None, Puspita Rahayu - Minggu, 22 Januari 2023 | 12:00
sejarah kalender china
YouTube/Jon Brooks

sejarah kalender china

Gridhype.id- Imlek atau yang lebih dikenal dengan Tahun Baru China menyimpan beragam fakta menarik.

Momen Imlek memang selalu dinantikan oleh masyarakat Tionghoa.

Lantas, seperti apa asal mula tahun baru China?

Dalam kalender China, Tahun Baru Imlek 2574 atau tahun ini disebut sebagai tahun kelinci air. Namun, sebenarnya apa itu kalender Imlek dan bagaimana sejarah awal mula kalender China ini?

Menurut Britannica, kalender Imlek adalah sistem penanggalan yang digunakan bersamaan dengan kalender Gregorian dari budaya Barat di China, Taiwan dan negara-negara tetangga, seperti Jepang.

Pada dasarnya, kalender China atau kalender Imlek adalah bulan, tahunnya terdiri dari 12 bulan bergantian 29 dan 30 hari, dengan jumlah hari yang sama dengan kalender kabisat yakni 354 hari, atau kira-kira 12 siklus bulan penuh.

Dalam kalender Imlek ini, nama bulan dalam setahun disebut dengan angka, terkadang juga disimbolkan dengan serangkaian 12 nama binatang yang sejak zaman peradaban China kuno telah dikaitkan dengan tahun dan jam dalam sehari.

Nama-nama bulan dalam kalender Imlek ini berdasarkan zodiak China, yang diklasifikasikan berdasarkan kalender lunar secara berurutan, diawali dari Tahun Tikus dan diakhir dengan Tahun Babi.

Urutannya di antaranya tikus, lembu, macan, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Dikutip dari University of Sydney, Sabtu (21/1/2023), sejarah Tahun Baru Imlek dalam kalender China, di China disebut sebagai 'nongli xinnian' yang berarti Tahun Baru kalender petani.

Kalender Bertani ini diperkirakan berasal dari peradaban China kuno pada sekitar 3.500 tahun yang lalu.

Source : Kompas.com

Editor : Hype

Baca Lainnya

Latest