Follow Us

Penemuan Kasus Polo di Aceh Kini Jadi KLB, Waspadai Gejalanya, Begini Cara Pencegahan agar Tidak Tertular

Dwi Purworahayu - Senin, 21 November 2022 | 12:30
Waspadai Penyakit Polio pada Anak
freepik

Waspadai Penyakit Polio pada Anak

GridHype.ID - Usai kasus gagal ginjal akun pada anak, Indonesia kini dihebohkan dengan kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh.

Usut punya usut, kasus polio di Aceh ini ditemukan usai pasien berusia 7 tahun 2 bulan mengalami kejala kelumpuhan pada kaki kiri.

Karena satu kasus tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio.

Sebab, seperti dikutip dari Kompas.com, sejak tahun 2014, Indonesia mendapatkan sertifikat eradikasi polio (Indonesia bebas Polio).

Hal tersebut diungkap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

"Karena Indonesia sudah nyatakan eradikasi tapi ternyata ada (muncul) virus polio liar apalagi virus (polio) tipe 2 yang dianggap sudah enggak ada lagi," kata Maxi.

Sementara itu, data dari Kemenkes RI mengungkap sebanyak 415 kabupaten/kota di 30 provinsi di Indonesia masuk dalam kriteria risiko tinggi polio, termasuk Aceh.

Hal itu terjadi karena angka imunisasi yang masih rendah di daerah tersebut, terutama di saat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu Pemerintah akan terus menggencarkan upaya Imunisasi.

Kronologi penemuan kasus polio di Aceh

Maxi menyebutkan, pada awal November 2022 ditemukan satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh. Hal itu berdasarkan penelusuran RT-PCR.

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Kematian Tertinggi Gagal Ginjal Akut Terjadi pada Pasien dengan Stadium 3, Kenali Gejalanya Berikut ini

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest