Follow Us

Aneka Tips Harian, Makanan yang Disimpan Saat Kulkas Mati Cuma Bertahan 4 Jam, Begini Cara Cegah agar Tidak Mudah Busuk

Dwi Purworahayu - Selasa, 18 Oktober 2022 | 11:00
Ilustrasi kulkas
Kompas

Ilustrasi kulkas

GridHype.ID - Aneka tips harian, begini cara menjaga kesegaran makanan di dalam kulkas saat kulkas mati.

Dengan aneka tips harian ini, makanan yang disimpan di lemari pendingin saat kulkas mati tidak mudah busuk.

Aneka tips harian ini tentu akan sangat berguna mengingat makanan segar hanya dianggap aman selama sekitar empat jam setelah kulkas mati.

Seperti diketahui, kesegaran bahan makanan dan minuman yang disimpan di kulkas akan terpengaruh saat kulkas mati karena terjadi penurunan suhu.

Makanan yang mudah rusak seperti daging mentah, daging yang dicairkan, telur, saus yang terbuka, dan sayuran hijau pun sebaiknya dibuang setelah empat jam kulkas mati.

Sebagian besar sisa makanan seperti piza, salad telur atau tuna, pasta yang dimasak, nasi, kentang, susu, krim salad yang terbuka, dan tahu yang dimasak juga sebaiknya dibuang.

Meski demikian, kabar baiknya, beberapa makanan dianggap aman untuk disimpan di luar aturan empat jam.

Beberapa di antaranya adalah keju keras, mentega, buah dan sayuran yang belum dipotong, selai kacang dan jeli, dan saus non-krim seperti kecap.

Sementara untuk freezer, freezer yang penuh dengan barang memiliki waktu sekitar 48 jam di zona aman sebelum barang-barang harus dibuang.

Akan tetapi, jika makanan masih dingin saat disentuh setelah melewati waktu 48 jam, mereka masih bisa dibekukan kembali saat listrik sudah menyala.

Lantas, apakah ada cara menjaga kesegaran makanan saat kulkas mati? Simak ulasan lengkap berikut ini, seperti dikutip dari Real Simple via Kompas.com.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, WASPADA Rasa Mengantuk Berlebihan di Siang Hari Bisa karena Gangguan Kesehatan, Atasi dengan Cara Ini

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest