Follow Us

Sejarah Hari Guru Sedunia, Diperingati pada 5 Oktober Setiap Tahunnya

Puspita Rahayu - Selasa, 04 Oktober 2022 | 18:15
Ilustrasi guru
http://mikamoney.com

Ilustrasi guru

Gridhype.id- Hari Guru Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober selalu memiliki kisah tersendiri bagi dunia pendidikan.

Bagaimana tidak hari guru sedunia menjadi salah satu momen penting dalam sejarah pendidikan.

Peringatan hari guru sedunia dilaksanakan guna menghormati keberadaan guru yang selama ini menjadi pahlawan pengantar ilmu bagi siswa.

Lantas, bagaimana hari guru sedunia bermula?

Hari guru sedunia dimulai sejak tanggal 5 Oktober 1994 dan dikukuhkan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikayan Bangsa-bangsa (UNESCO).

Dilansir dari Tribunnews.com, UNESCO bekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasioanl (ILO), UNICEF, dan Education Internasional (EI).

Hari bersejarah ini merupakan rekomendasi dari penandatanganan tentang status guru oleh ILO/UNESCO pada tahun 1966.

Bukan hanya itu, hari guru sedunia juga bertepatan dengan rekomendasi status tenaga pengajar pendidikan tinggi pada tahun 1997.

Adapun dua hal tersebut menjadi tolok ukur hak dan tanggung jawab sebagai standar persiapan guru untuk mengajar.

Pada tahun ini, hari guru sedunia diperingati dengan mengusung tema 'The transformation of education begins with teachers' yang memiliki arti transformasi pendidikan dimulai dari guru.

Membahas mengenai komitmen transformasi pendidikan, UNESCO telah menganalisis implikasi terhadap guru dan sistem belajar mengajar.

Source : Tribunnews.com, Wartakota

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest