Follow Us

Para Ibu Wajib Tahu, 3 Strategi Agar Anak Terhindar dari Rasa Trauma Saat Momen MPASI

Nailul Iffah - Sabtu, 17 September 2022 | 06:45
Ilustrasi MPASI Adek Bayi
DOK. Shutterstock

Ilustrasi MPASI Adek Bayi

GridHype.ID - Umumnya bayi yang menginjak usia 6 bulan, sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI atau dikenal dengan MPASI.

Pasalnya, MPASI memiliki manfaat luar biasa untuk tumbuh kembang bayi.

Sehingga, penting untuk ibu menciptakan momen menyenangkan saat memberikan MPASI kepada buah hati.

Oleh karena itu, pastikan fase pemberian MPASI untuk Si Kecil menjadi fase pengenalan yang menyenangkan.

Kadang tak dipungkiri, banyak orangtua yang memiliki pengalaman kurang menyenangkan saat memasuki fase MPASI.

Untuk itu, perlu bagi kita belajar tentang bagaimana strategi pemberian MPASI untuk sang buah hati.

"Strategi pemberian MPASI dimulai dari tepat waktu. Yaitu, sejak usia 6 bulan atau bisa lebih awal, wajib adekuat atau pemenuhan energi, protein serta mikronutrien sesuai anjuran, aman dan higienis mulai dari proses pembuatan hingga alat masak dan makan yang digunakan, dan diberikan kepada anak secara responsif atau konsisten, memahami sinyal lapar dan kenyang anak," ucap dr. Reza Abdussalam, Sp.A, dokter spesialis anak dalam acara peluncuran buku digital resep MPASI kolaborasi Mothercare x BEABA, yang diselenggarakan Rabu kemarin (14/9/2022).

Menurut dr. Reza, selain memahami strategi pemberian MPASI tersebut, orangtua juga perlu menciptakan suasana nyaman bagi sang buah hati.

"Ini berkaitan dengan pemberian secara responsif. Sebab, masa MPASI merupakan masa anak belajar untuk makan, sehingga jangan sampai meninggalkan rasa trauma pada anak saat pemberian makannya," terangnya.

"Biarkan anak tahu bahwa makan merupakan kebutuhannya, bukan milik orang tuanya, jadi ajarkan secara pelan-pelan, serta tak lupa biarkan anak eksplorasi proses makannya dengan menyajikan tekstur MPASI sesuai dengan usia dan perkembangan masing-masing anak," lanjutnya berpesan.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Coba Mulai Malam Ini Rendam Belimbing Lalu Minum Airnya Besok Pagi, Jangan Kaget Tubuh Alami Perubahan Menakjubkan Ini

Hindari pemaksaan terhadap anak agar terhindar dari risiko trauma pada makanan.

Editor : Nailul Iffah

Latest