Follow Us

Tips Kesehatan, Jangan Pernah Pandang Usia, Siapa Sangka Ternyata Gejala Stroke ini Bisa Diidap Kawula Muda dan Kerap Diabaikan Banyak Orang

Nabila Nurul Chasanati - Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:45
Inilah beberapa gejala stroke di usia muda yang harus Anda waspadai mulai sekarang juga
Freepik

Inilah beberapa gejala stroke di usia muda yang harus Anda waspadai mulai sekarang juga

GridHype.ID - Aneka Tips Kesehatan. Stroke jadi salah satu penyakit yang mengerikan.

Jangan sampai menyesal, cobalah terapkan tips ini agar terhindar dari penyakit stroke.

Penyakit ini bisa mengenai siapa saja termasuk kaum kawula mudah loh.

Namun penyakit ini bisa dihindari dengan sejumlah tips kesehatan berikut.

Seperti diketahui, stroke menjadi salah satu penyakit berbahaya.

Dilansir dari laman tribunkesehatan.com, akademisi Departemen Neurologi FK-KMK UGM Dr dr Ismail Setyopranoto SpS(K) mengatakan penyakit stroke merupakan gangguan peredaran darah otak yang bersifat aktif.

Adapun gejala lokal seperti kesemutan atau gejala global seperti seperti penurunan kesadaran, gangguan bicara, dan lumpuh total yang berlangsung lebih dari 24 jam dan disebabkan bukan karena trauma atau riwayat terjatuh infeksi otak atau tumor.

“Jadi, stroke merupakan kondisi yang hanya mengenai vaskular atau pembuluh darah. Stroke itu 80-85 persen disebabkan karena non-pendarahan, bukan karena pecahnya pembuluh darah.

Dan sekitar antara 15-20 persen disebabkan oleh pendarahan atu sumbatan,” kata Ismail dalam kegiatan bincang santai Mengenal Lebih Jauh tentang Penyakit Stroke dan Pencegahannya melalui Raisa Radio, Selasa (8/2/2022).

Menurut Ismail, secara umum harus mengenali tanda gejala yang terjadi baik pada stroke pendarahan maupun non-pendarahan.

“Harus mengenal gejalanya karena gejala yang terjadi ini merupakan early warning system atau symptom selanjutnya sangat tergantung darimana kita mengidentifikasi secepatnya pasien-pasien yang mengalami stroke untuk dibawa ke rumah sakit," ungkap Ismail.

Baca Juga: Penyakit Kambuh, Ferry Irawan Harus Dilarikan ke Rumah Sakit Meski Ogah Tempuh Jalur Operasi Gara-gara Takut Jarum Suntik

Source : Kompas.com, GridHEALTH

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Baca Lainnya

Latest