Follow Us

Satu Indonesia Gak Sadar, Waspada Jika Tubuh Mulai Kelebihan Garam Hingga Rasakan Tanda-tanda Ini, Yuk Cek Mumpung Belum Terlambat

Dwi Purworahayu - Kamis, 16 Juni 2022 | 19:30
Ketahui tanda tubuh yang mengonsumsi banyak garam.
Pixabay

Ketahui tanda tubuh yang mengonsumsi banyak garam.

GridHype.ID - Garam tentu sudah menjadi salah satu komponen penting saat kita akan memasak sebuah hidangan.

Bagaimana tidak, garam bisa menambah kelezatan masakan jika digunakan secara tepat.

Nah, jika digunakan secara berlebihan, selain merusak cita rasa masakan, garam juga bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Melansir Nakita.ID, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) batasan konsumsi garam yakni 2.400 mg sodium atau 1 sendok teh garam per hari.

“Natrium yang ditemukan dalam garam merupakan elektrolit penting yang dibutuhkan untuk kontraksi otot, impulsif saraf dan menyeimbangkan hidrasi dalam tubuh,” kata Amanda Meadows ahli diet klinis dikutip dari Houston Methodist, Rabu (15/6/2022).

“Ini membuat natrium menjadi mineral yang penting. Banyak orang makan lebih banyak garam daripada yang dibutuhkan tubuh dan seiring berjalannya waktu, ada konsekuensinya,” sambungnya.

Konsumsi garam berlebih dapat mengganggu fungsi ginjal. Protein dalam ginjal bertambah dan meningkatkan risiko gangguan ginjal hingga batu ginjal.

Tanda tubuh kelebihan garam

Nah, agar tidak terjadi masalah kesehatan akibat konsumsi garam berlebih, perhatikan tanda-tanda berikut ini dilansir dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: Biasa Dibuang, Kulit Jeruk Jika Diolah dengan Cara ini Bisa Jadi Penangkal Penyakit Mematikan Berikut ini, Coba Sekarang

1. Perut kembung

Sodium menarik air. Jika terlalu banyak makan makanan asin, akan terjadi resistensi cairan.

Source : Nakita.ID

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest