Follow Us

Kerap Dianggap sebagai Kelebihan, Penelitian Sebut Orang yang Bertubuh Tinggi Cenderung Lebih Beresiko Terkena Penyakit

Ruhil Yumna - Rabu, 08 Juni 2022 | 20:45
Ilustrasi tinggi badan
Healthline

Ilustrasi tinggi badan

GridHype.ID - Memiliki tinggi badan ideal tentu menjadi idaman banyak orang.

Ya, kebanyakan orang berpikir jika tinggi badan bisa menunjang penampilan seseorang.

Namun ternyata ada loh hubungan antara tinggi badan seseorang dengan risiko terkena penyakit.

Penelitian terbesar yang meneliti kedua hubungan tersebut juga menunjukkan, makin tinggi seseorang makan makin meningkatkan risiko terkena penyakit seperti saraf, kulit, dan penyakit jantung.

Temuan ini pun dapat digunakan untuk memprioritaskan tes skrining bagi mereka yang memiliki risiko terbesar terhadap penyakit tertentu.

Dikutip dari New Scientist, Senin (6/6/2022) tinggi badan ditentukan oleh ribuan variasi gen yang dikombinasikan dengan faktor lingkungan.

Dan dalam studi ini, peneliti ingin mengetahui apakah tinggi badan memiliki hubungan dengan penyakit.

Untuk mengetahuinya, Sridharan Raghavan di University of Colorado dan rekan-rekannya kemudian menganalisis data dari 323.793 mantan anggota angkatan bersenjata AS yang telah terdaftar dalam program penelitian untuk mengeksplorasi hubungan antara gen, faktor lingkungan, dan penyakit.

Tim peneliti mengamati 3290 varian gen, yang diketahui mempengaruhi tinggi badan dan hubungannya dengan lebih dari 1000 ciri klinis.

Baca Juga: Anak Angkat Ridwan Kamil Mendadak Jadi Sorotan Usai Kepergian Eril, Ternyata Begini Fakta dari Orang Tua Kandung Arkana Aidan Misbach

Peneliti menemukan, bahwa orang bertubuh tinggi meningkatkan risiko fibrilasi atrium (jantung berdebar) dan masalah peredaran darah.

Source : new scientist, Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest