Follow Us

Selama Ini Dipandang Sebelah Mata, Siapa Sangka Daun Bidara yang Direbus Lalu Minum Airnya Hangat-hangat Punya Khasiat Luar Biasa

Dwi Purworahayu - Sabtu, 07 Mei 2022 | 20:15
Khasiat daun bidara untuk kesehatan
Pixabay

Khasiat daun bidara untuk kesehatan

GridHype.ID - Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan daun bidara.

Bidara atau juga disebut widara adalah pohon kecil yang banyak tumbuh di wilayah kering. Tanaman ini memiliki daun berbentuk bulat panjang.

Meski belum terlalu populer, mengutip Kik Dokter, manfaat daun bidara untuk kesehatan tidak boleh dipandang sebelah mata.

Bahkan, beberapa manfaat daun bidara sudah diuji dan dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Salah satunya seperti laporan penelitian pada tahun 2016 terkait manfaat kesehatan dan potensi nutrisi senyawa bioaktif daun bidara.

Menurut studi tersebut, tanaman ini diketahui kaya akan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Senyawa-senyawa tersebut bersifat antimikroba, anti-inflamasi, hipoglikemik, antioksidan, serta memiliki efek imunomodulator.

Biasanya untuk mendapatkan manfaat daun bidara, Anda dapat mengolahnya menjadi air rebusan daun bidara.

Lalu, apa saja sih manfaat air rebusan daun bidara ini?

Baca Juga: Siapa Bilang Bahaya Bagi Kesehatan, Nasi Kemarin yang Dihangatkan Justru Aman Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini

Daun Bidara jadi Tanaman Herbal

Mengutip SajianSedap.com, bidara atau biasa disebut Chinese apple, Indian plum, atau jujube adalah tanaman herbal dengan beragam khasiat kesehatan.

Source : SajianSedap.com, Klik Dokter

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest