Follow Us

Waspada Varian Omicron Mulai Mengintai, Ahli Sarankan Masyarakat Kenakan Masker Jenis Ini agar Terhindar dari Covid-19 Varian Baru

Dwi Purworahayu - Sabtu, 18 Desember 2021 | 15:30
ILUSTRASI: Penggunaan masker dobel saat pandemi Covid-19

ILUSTRASI: Penggunaan masker dobel saat pandemi Covid-19

GridHype.ID - Masyarakat dunia tengah dibuat khawatir dengan munculnya virus corona (covid-19) varian baru yaitu varian Omicron.

Varian Omicron ini bahkan telah menyebar ke puluhan negara dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Melansir Kompas.com, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengumumkan kasus pertama varian Omicron di Indonesia kemarin, Kamis (16/12/2021).

Dia mengungkapkan, bahwa pasien berinisial N itu merupakan pekerja pembersih di Wisma Atlet Jakarta.

"Kementerian kesehatan tadi malam mendeteksi ada seorang pasien inisal N terkonfirmasi (terpapar) Omicron pada tanggal 15 Desember," kata Menkes Budi dalam konferensi pers.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa varian B.1.1.529 yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan ini lebih cepat menular.

"Varian ini memiliki jumlah mutasi yang banyak, beberapa di antaranya mengkhawatirkan," ungkap WHO seperti dilansir dari Yahoo Life, Kamis (16/12/2021).

Kemudian, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa sejauh ini belum diketahui seberapa cepat virus menyebar, keparahan penyakit yang ditimbulkannya, maupun seberapa efektif vaksin Covid-19 dapat memberikan kekebalan terhadap virus varian baru.

Selain mendapatkan vaksinasi lengkap, WHO juga mengingatkan seluruh masyarakat dunia untuk tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Terkait penggunaan masker untuk mencegah paparan Covid-19, masker jenis apa yang direkomendasikan agar terhindar dari varian Omicron?

Baca Juga: Mulai Waspada! Kasus Omicron Telah Terkonfirmasi Ada di Indonesia, Simak Gejala Varian Baru Covid-19 yang Perlu Kamu Perhatikan

Sementara ini, CDC merekomendasikan masker harus memiliki kriteria berikut:

Source : Kompas.com, Nakita.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular