Follow Us

Varian Baru Omicron Sudah Bayang-bayangi Dunia, Bill Gates Justru Prediksi Masa Akut Pandemi Covid-19 Berakhir di Tahun ini

Nabila Nurul Chasanati - Rabu, 15 Desember 2021 | 10:00
Bill Gates
Kompas.com

Bill Gates

GridHype.ID - Dunia saat ini masih dibayang-bayangi hadirnya varian baru virus corona.

Hadirnya varian baru Omicron asal Afrika ini menjadi momok baru bagi dunia.

Bagaimana tidak, varian baru virus corona ini menyebar lebih cepat dibanding varian delta sebelumnya.

Dikutip dari Kontan.co.id, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu mengatakan varian omicron yang sangat bermutasi dari Covid-19 dapat mengubah arah pandemi.

Dampak pastinya “masih sulit untuk diketahui,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers dari markas besar kelompok itu di Jenewa.

Para ilmuwan di seluruh dunia berusaha keras untuk menentukan seberapa menular dan mematikan virus yang bermutasi itu.

"Fitur tertentu dari omicron, termasuk penyebaran global dan sejumlah besar mutasi, menunjukkan bahwa itu bisa berdampak besar pada perjalanan pandemi," kata Tedros seperti dilancir CNBC.

Pernyataan WHO itu muncul ketika varian omicron, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika selatan, telah ditemukan di 57 negara di seluruh dunia.

Kasus-kasus baru "meningkat" di seluruh dunia selama seminggu terakhir, tambah WHO.

Baca Juga: Ahli Duga Omicron Sudah Masuk ke Indonesia, Terungkap Ternyata Gejala Varian Baru Asal Afrika Mirip dengan Penyakit Musiman ini

Ada lebih dari 4 juta kasus baru yang dikonfirmasi dilaporkan di seluruh dunia, mirip dengan angka dari minggu sebelumnya.

Kematian di seluruh dunia, bagaimanapun, meningkat 10% selama minggu lalu, laporan WHO mencatat. Lebih dari 52.500 kematian baru dilaporkan.

Source : Kontan.co.id, Gridhealth

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Baca Lainnya

Latest