Follow Us

Omicron Sudah Masuk di Indonesia, Epidemiolog ini Minta Agar Masyarakat Tak Terlena Apalagi Varian Baru Asal Afrika Selatan Sudah Makan Korban

Nabila Nurul Chasanati - Jumat, 17 Desember 2021 | 12:30
Covid-19 Varian Omicron Masuk Indonesia
Unsplash

Covid-19 Varian Omicron Masuk Indonesia

GridHype.ID - Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa kasus pertama varian baru virus corona.

Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa satu kasus positif Covid-19 menginfeksi petugas kebersihan di Wisma Atlet.

Sebagaimana yang diketahui, kini dunia masih belum selesai dibayang-bayangi virus corona.

Varian baru asal Afrika Selatan ini menjadi ancaman baru bagi dunia.

Apalagi varian baru virus corona sudah masuk di Indonesia.

Dikutip dari GridHealth.ID, Menteri Kesehatan RI mengungkapkan, kasus pertama penularan varian Omicron di Indonesia ini bermula dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet.

"Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19). Kemudian pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing," ujar Budi, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (16/12/2021).

"Hasilnya keluar pada 15 Desember, yakni dari tiga orang yang positif tadi, satu orang dipastikan terdeteksi (terpapar) varian Omicron," lanjutnya.

Baca Juga: Varian Baru Omicron Sudah Terdeteksi Masuk ke Indonesia, Siapa Sangka Virus Corona Asal Afrika ini Banyak Menyerang Usia Muda

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan pesan khusus bagi masyarakat agar tidak panik.

"Pesan saya bagaimana kita menghadapi adanya Omicron pertama di Indonesia ini, tetap waspada, prokes harus displin dijalankan. Lalu survelians, kita harus partisipasi, dan ketiga mempercepat vaksinasi terutama pada lansia," ujarnya.

Kabar kemunculan varian Omicron di Indonesia ini diharapkan membuat masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan.

Source : Kompas.com, GridHealth.ID

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Baca Lainnya

Latest