Follow Us

Tingkatkan Harapan Hidup Bagi Penderita Kanker Hati, Deteksi Dini Jadi Kunci Utamanya

Puspita Rahayu - Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:15
Webinar Deteksi Dini Kanker Hati bersama Roche Indonesia
Webinar Deteksi Dini Kanker Hati bersama Roche Indonesia

Webinar Deteksi Dini Kanker Hati bersama Roche Indonesia

GridHype.id- Roche Indonesia berkolaborasi dengan MRCCC Siloam Hospitals mengadakan webinar bertema "Peran Pemeriksaan Rutin untuk Deteksi Dini Kanker Hati" pada Sabtu (4/12/2021).

Webinar tersebut menekankan pada upaya deteksi dini sebagai kunci utama untuk meningkatkan keberhasilan penanganan kanker hati.

Berdasarkan data Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) 2020, kanker hati merupakan salah satu dari 4 penyebab kematian akibat kanker terbesar di Indonesia, dengan jumlah kasus mencapai 21.392 orang meninggal.

Karsinoma sel hati (hepatoseluler karsinoma) adalah salah satu jenis kanker hati yang paling umum dengan prognosis/kemungkinan terjadinya penyakit yang sangat tinggi.

Di dunia, terdapat sekitar 750.000 orang per tahun yang didiagnosis memiliki karsinoma sel hati dan seringnya terdiagnosis ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Di Indonesia sendiri, kejadian kanker hati sekitar 13,4 per 100.000 penduduk.

Kanker hati merupakan salah satu tantangan kesehatan besar yang perlu diperhatikan di Indonesia.

Gejala kanker hati tidak dapat terdeteksi dengan mudah dan memiliki perburukan penyakit yang cepat.

Sementara itu, kunci utama keberhasilan penanganan kanker hati adalah dengan ditemukannya kanker dalam stadium dini sehingga dapat ditangani secara optimal.

Namun demikian, kurangnya pemahaman terhadap faktor risiko serta kesadaran atas pentingnya pemeriksaan rutin menjadi tantangan dalam penanganan kanker hati sehingga sebagian besar pasien datang dan terdiagnosis dalam stadium lanjut.

Baca Juga: Tingkatkan Akses dan Kualitas Penatalaksanaan Kanker di Indonesia, Kementerian Kesehatan RI Gelar Telementoring Extension for Community Health Outcomes (ECHO)

Source : Webinar Kanker Hati Roche Indonesia

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest