Follow Us

Jadi Negara Kaya Raya, Timor Leste Nyesel Pisah dari Indonesia, Cadangan Minyak Semakin Menipis

Nailul Iffah - Selasa, 09 November 2021 | 20:15
Timor Leste
ist

Timor Leste

GridHype.ID - Timor Leste dikenal sebagai salah satu negara dengan pendapatan minyak dan gas cukup besar.

Bahkan Timor Leste disebut sebagai negara yang menggantungkan kehidupan rakyatnya dari kilang-kilang minyak.

Pendapatan dari minyak dan gas Timor Leste tercatat sebesar US$23 miliar atau sekitar Rp 329 triliun selama 15 tahun terakhir.

Pendapatan tersebut digadang-gadang mampu menghidupi negara dan bahkan membayar 86% kegiatan negara.

Sayangnya, kabar mengejutkan datang dari Timor Leste mengenai era tambang minyak yang diprediksi tak akan bertahan lama.

Disebutkan, mengekspor sisa minyak serta gas mungkin hanya bisa membiayai pemerintah satu atau dua tahun lagi.

Tak sampai di situ saja, jika investasi dana kekayaan negara US$19 miliar (Dana Perminyakan) terus berjalan dengan baik, Timor Leste hanya punya waktu sedikit dengan masa depan tidak pasti dan menakutkan.

Mengutip dari Intisari Online yang melansir dalam artikel Charles Scheiner, peneliti di La'o Hamutuk, Institut Pemantauan dan Analisis Pembangunan Timor-Leste, yang berjudul 'Survei ekonomi Timor-Leste, ia menyoroti ketersediaan minyak dan gas di negara yang berbatasan dengan Kupang NTT itu.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Raul Lemos Akhirnya Bertemu Aurel Hermansyah, Perlakuan Suami Krisdayanti ke Anak Sambung Jadi Sorotan

Charles mengungkapkan bahwa: "Akhir dari pendapatan minyak bumi,' para pemimpin negaranya mengelola aliran masuk pendapatan minyak bumi dengan baik, menghindari korupsi, kekerasan, kriminalitas, dan inkonstitusionalitas yang signifikan."

Namun beberapa konsekuensi negatif dari ketergantungan minyak tidak dapat dihindari.

Ekonomi bergantung pada impor, produksi lokal minimal, lapangan kerja langka, dan hanya kelas menengah serta atas perkotaan yang dapat menikmati manfaatnya.

Source : intisari, sosok.grid.id

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest