Follow Us

Sopir Vanessa Angel Diduga Mengantuk Saat Berkendara Hingga Sebabkan Kecelakaan Fatal, dr Tirta Kaitkan dengan Kondisi Microsleep, Apa Itu?

Dwi Purworahayu - Sabtu, 06 November 2021 | 17:00
Ilustrasi microsleep
iStockphoto

Ilustrasi microsleep

GridHype.ID - Meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dalam kecelakaan mobil pada Kamis (4/11/2021) dikaitkan dengan kelalaian sang sopir.

Seperti yang diketahui, kecelakaan maut ini menyebabkan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal dunia dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan tunggal yang terjadi di Tol Nganjuk arah Surabaya Kilometer 672+400A, Jawa Timur diduga karena sopir mengantuk saat mengemudi.

Kejadian nahas yang menimpa pasangan selebriti ini pun menyita perhatian publik.

Bahkan, Dokter Tirta menyoroti stamina sopir Vanessa yang menurun dengan kecepatan mobil yang dikendarai lebih dari 100 km per jam.

Dalam unggahannya, dr Tirta mengingatkan bahwa masyarakat hendaknya mempelajari tentang microsleep.

Lantas, apa itu microsleep dan bedakah dengan mengantuk?

Mengutip Kompas.com, microsleep adalah kondisi tidur mendadak dalam waktu singkat, biasanya kurang dari 30 detik.

Baca Juga: Bercermin dari Kecelakaan Maut yang Renggut Nyawa Vanessa Angel, Praktikkan Cara Ini untuk Hindari Kantuk Saat Berkendara

Pakar kesehatan tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan bahwa microsleep adalah salah satu akibat dari kantuk atau mengantuk.

Dalam kasus ini, menurut dia, poin utamanya adalah rasa ngantuk saat berkendara yang dialami sopir Vanessa Angel tersebut.

"Jadi mengendara dalam kondisi ngantuk itu jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan (kondisi) mabuk. Karena orang mabuk, pasti tahu dia lagi mabuk dan tidak akan berkendara," kata dr Andreas saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest