Follow Us

Sedikit Angin Segar, Kecerdasan Buatan untuk Deteksi Kanker Payudara Tengah Dikembangkan oleh Ahli, Disebut Lebih Akurat Ketimbang USG

Helna Estalansa - Selasa, 28 September 2021 | 08:00
Ilustrasi kanker payudara
Photo by Klaus Nielsen from Pexels

Ilustrasi kanker payudara

GridHype.ID - Sampai saat ini, kanker payudara masih menjadi salah satu kasus kanker yang banyak diderita oleh kaum hawa.

Sehingga tak sedikit perempuan yang takut dan khawatir saat mendengar kanker payudara.

Selain banyak menyerang para perempuan, kanker payudara juga bisa mengancam jiwa penderitanya.

Maka tak heran ya bila kanker payudara ditakuti oleh banyak orang.

Nah, belum lama ini muncul sebuah program yang diektahui bisa mendeteksi kanker payudara

Melansir dari Kompas.com, sebuah program komputer berbasis kecerdasan buatan dikembangkan untuk membantu dokter untuk mendiagnosis kanker payudara secara lebih akurat.

Kecerdasan buatan itu nantinya akan bekerja dengan cara melihat pola di antara ribuan gambar USG payudara.

Seperti dikutip dari Medicalxpress, Sabtu (25/9/2021) saat diuji secara terpisah pada 44.755 pemeriksaan ultrasonografi yang sudah selesai, kecerdasaan buatan (AI) meningkatkan kemampuan ahli radiologi untuk mengidentifikasi penyakit dengan benar sebesar 37 persen.

Baca Juga: Masih Terdengar Asing, Ini 3 Manfaat Super Ajaib yang Diperoleh Jika Kamu Rutin Memijat Payudara

AI juga mengurangi jumlah sampel jaringan atau biopsi yang diperlukan untuk mengkonfirmasi tumor yang dicurigai sebesar 27 persen.

"Studi kami menunjukkan bagaimana kecerdasan buatan dapat membantu ahli radiologi membaca pemeriksaan USG payudara pasien yang menunjukkan tanda-tanda nyata kanker payudara untuk menghindari biopsi kasus yang ternyata tumor jinak," kata Krzysztof Geras, peneliti studi ini.

Pemeriksaan USG yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi ini dapat melewati jaringan untuk membuat gambar payudara atau jaringan lain secara real-time.

Source : Kompas.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest