Follow Us

Tak Perlu Buang Uang ke Rumah Sakit, Rutin Minum Air Rebusan Kapulaga Setiap Hari Ternyata Bisa Datangkan Manfaat Luar Biasa Ini, Salah Satunya Jadi Obat Kuat

Helna Estalansa - Selasa, 21 September 2021 | 11:00
Kapulaga
freepik

Kapulaga

GridHype.ID - Rempah-rempah memang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bidang kuliner.

Ya, seperti diketahui, rempah-rempah menjadi bumbu dapur yang amat penting dan hampir dibutuhkan di setiap hidangan nusantara.

Salah satu rempah-rempah yang tak kalah penting yaitu kapula.

Pasti banyak di antara kamu yang pernah mendengar kapulaga bukan?

Sebagaimana diketahui, saat akan membuat masakan lebaran seperti gulai, opor, atau kari, kapulaga sering kali digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah rasa dan aroma masakan.

Melansir dari Kompas.com, kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang bisa memberikan cita rasa masakan yang kuat.

Mengetahui lebih jauh mengenai kapulaga, rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan berkuah yang lezat dalam penjelasan berikut ini.

Dikutip dari buku “Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia” (2013) oleh Murdijati-Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama menjelaskan bahwa kapulaga merupakan tanaman herbal yang tumbuh berumbi akar.

Tanaman ini menghasilkan buah berbentuk bulat telur, berbulu, berwarna kuning kelabu, dan dalam sebuah tandan kecil dan pendek.

Kalau sudah matang atau tua, buah dari tanaman kapulaga akan pecah.

Di dalam buahnya, terdapat biji yang mana digunakan sebagai penyedap masakan dengan aroma sedap.

Siapa yang menyangka kalau manfaat kapulaga yang biasa digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata bisa untuk obati berbagai penyakit loh!

Source : Kompas.com, sajiansedap.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest