Follow Us

Mulai Unjuk Taring, 5 Fakta Vaksin Merah Putih yang Siap Diluncurkan Tahun 2022

Nailul Iffah - Sabtu, 04 September 2021 | 09:45
Vaksin Merah Putih buatan Indonesia.
iStockphoto

Vaksin Merah Putih buatan Indonesia.

GridHype.ID - Hingga kini Pemerintah masih gencar melakukan vaksin Covid-19 hingga ke pelosok daerah.

Kini masyarakat pun mulai peduli dan sadar akan pentingnya vaksin guna melindungi tubuh dari virus atau sebagai antibodi.

Peredaran vaksin di Indonesia saat ini kebanyakan masih merupakan vaksin buatan luar negeri, termasuk Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer.

Kabar baiknya, para peneliti di Indonesia sendiri juga turut mengembangkan vaksin yang diberi nama Merah Putih.

Vaksin Merah Putih mulai menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menangkal Covid-19 yang diharapkan dapat diproduksi pada tahun 2022.

Mengutip Kompas.com, pemerintah bekerja sama dengan dengan empat universitas dan dua lembaga dalam mengembangkan vaksin Merah Putih.

Keempat universitas tersebut adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selain itu, dua lembaga yang ikut andil termasuk Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Melalui sejumlah institusi tersebut, terdapat dua pengembang yang telah masuk skala industri, termasuk Lembaga Eijkman bersama PT Bio Farma dan Unair bersama PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Hingga kini, vaksin Merah Putih masih dalam proses uji praklinik.

Biar kamu paham, berikut fakta-fakta penting terkait vaksin Merah Putih buatan Indonesia ini.

Baca Juga: Sempat Dipandang Sebelah Mata, Vaksin Nusantara Sabetan Terawan Kini Justru Dilirik WHO hingga Masuk Jurnal Uji Klinis

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular