Follow Us

Heboh Harga Tes PCR Murah di India, Ternyata Segini Loh Harga yang Dibanderol di 4 Negara Tetangga, Indonesia Paling Mahal

Ngesti Sekar Dewi - Sabtu, 14 Agustus 2021 | 19:45
Dapatkan penawaran spesial paket PCR swab test di RS Mayapada menggunakan promo Bank BCA.
bca.co.id

Dapatkan penawaran spesial paket PCR swab test di RS Mayapada menggunakan promo Bank BCA.

Gridhype.id- Belakangan ini masyarakat Indonesia tengah digemparkan dengan fakta harga PCR test yang sangat murah di India.

Bagaimana tidak, pemerintah India mengambil langkah untuk meringankan beban masyarakatnya dengan memberikan harga tes PCR hanya Rp96 ribu.

Angka ini berbanding jauh dengan pemerintah Indonesia yang mematok harga tes PCR minimum hingga Rp900 ribu.

Banyaknya warganet yang menyebarkan informasi mengenai harga PCR test di India ini membuat Kementerian Ksehatan akan membuka masukan dan evaluasi terkait harga test PCR di Indonesia.

“Pada waktu penetapan SE PCR tentunya sudah dilakukan konsultasi dengan berbagai pihak terkait termasuk auditor, jadi Kemkes tidak melakukan penetapan sendiri sama seperti penetapan HET(harga eceran tertinggi) obat," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Menurut Nadia, pada prinsipsnya Kemenkes terbuka pada berbagai masukan bahkan bila perlu evaluasi harga tes PCR."Prinsipnya kami terbuka untuk berbagai masukan juga bila perlu dilakukan evaluasi tentang harga PCR ini," kata Siti Nadia.

Lantas sebenarnya berapa sih harga yang paling ideal?

Baca Juga: Waspada, Korea Selatan Sudah Disusupi Virus Corona Varian Delta Plus, Pemeriksaan Tak Bisa Gunakan Swab PCR Biasa

Dilansir Gridhype.id dari berbagai sumber, berikut perbandingan harga tes Covid-19 di Indonesia dengan sejumlah negara lainnya.

Malaysia

Dilansir dari The Star, negara tetangga Indonesia ini juga terbilang cukup murah dalam membanderaol harga tes PCR.

Source : Kompas.com, the star, India Today, Philippine News Agency

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest