Follow Us

Wajib Tahu! Yuk Kenali Bagimana Kanker Payudara Bisa Diidap oleh Seseorang

Helna Estalansa - Sabtu, 10 Juli 2021 | 15:00
Ilustrasi seseorang mengidap penyakit
Freepik.com

Ilustrasi seseorang mengidap penyakit

GridHype.ID - Penyakit kanker payudara seringkali ditakuti oleh banyak wanita di dunia.

Pasalnya, penderita kanker payudara kebanyakan adalah seorang wanita.

Bahkan kanker payudara disebutkan bisa mengancam nyawa penderitanya.

Bahkan penyakit kanker payudara di Indonesia menyebabkan kematian pada wanita nomor dua setelah kanker rahim.

Baca Juga: Dari Ubi Hingga Salmon, Ini Sejumlah Makanan yang Bisa Bantu Kurangi Risiko Kanker Payudara

Maka dari itu kanker payudara sendiri dapat menjadi momok bagi kaum hawa di Indonesia, karena seluruh wanita berisiko menderita kanker payudara.

Ketika dikonfirmasi, dr. I Putu Arya Dharma, Sp.B (K) onk, dokter spesialis bedah tumor Rumah Sakit Balimed mengatakan kanker payudara ini tidak saja menjadi pembunuh nomor dua di Indonesia, namun juga menjadi penyebab kematian nomor dua bagi wanita di seluruh dunia.

"Jika di Indonesia penyebab kematian pertama kaum wanita adalah kanker leher rahim, sedangkan untuk di dunia penyebab kematian wanita yang pertama adalah kanker paru-paru," jelasnya pada, Rabu (10 Maret 2021).

Meskipun menjadi penyebab kematian nomor dua di Indonesia, namun dalam kurun waktu 40 tahun, besaran resiko terjangkit kanker payudara diakui dr. Arya mengalami penurunan.

Baca Juga: Dicatat! Ini Dia Jenis-jenis Kanker Payudara yang Wajib Kamu Ketahui

Jika pada era tahun 1970 an, 1 diantara 11 wanita bisa terjangkit kanker payudara, pada tahun 2018 angkanya menurun menjadi 1 diantara delapan wanita beresiko terjangkit kanker payudara.

Sebelum mengenali bagaimana gejala kanker payudara, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenal anatomi payudara, payudara sendiri merupakan elevasi dari jaringan grandular dan jaringan lemak yang tertutup kulit pada dinding dada yang melekat dengan kuat pada otot di dada yakni otot prektoralis mayor.

Source : Tribun-Bali.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest