Follow Us

Bulan Ramadan 2021 di Depan Mata, Berikut Panduan Ibadah di Masjid dengan Protokol Kesehatan

Ruhil Yumna - Senin, 12 April 2021 | 19:30
Bulan Ramadan 2021 di Depan Mata, Berikut Panduan Ibadah di Masjid dengan Protokol Kesehatan

GridHype.ID - Seperti tahun lalu Ramadan 2021 dijalani di tengah pandemi.

Meski harus fokus untuk meningkatkan ibadah di bulan suci, pencegahan penyebaran virus Covid-19 tetap harus dilakukan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan panduan untuk ibadah di masjid atau mushala selama pandemi Covid-19 di bulan Ramadhan 2021.

Baca Juga: Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Pertama, Opick Keluarkan Single Baru Sambut Bulan Suci Bertajuk Indahnya Ramadan

Dilansir dari instagram BPBD DKI Jakarta @bpbddkijakarta, panduan protokol kesehatan untuk ibadah Ramadhan 2021 di masjid atau mushala mengacu dari Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2021.

"Tujuan memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, mencegah dan mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19," tulis akun BPBD DKI, Minggu (11/4/2021).

Panduan pertama, setiap ibadah baik shalat fardu lima waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Alquran, dan iktikaf (bermalam di masjid) bisa dilaksanakan dengan pembatasan jumlah jamaah 50 persen dari kapasitas masjid atau mushala.

"Diimbau untuk membawa sajadah dan mukena sendiri," tulis akun BPBD DKI.

Protokol kesehatan 3M wajib dilaksanakan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

Sedangkan untuk pengajian atau kultum dilaksanakan dengan durasi paling lama 15 menit.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bulan Ramadan Tiba, Apakah Program Vaksinasi Covid-19 Masih Bisa Dilakukan? Berikut Penjelasannya

Untuk peringatan Nuzulul Qur'an atau hari turunnya Alquran juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan.

Source : Instagram, Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest