Follow Us

Dulu Jadi Pahlawan Lantaran Rela Bertaruh Nyawa untuk Negaranya, Kini Sosoknya Malah Bikin Rakyat Kalang Kabut Lantaran Tak Peduli dengan Aturan Covid-19

Ruhil Yumna - Sabtu, 27 Maret 2021 | 11:45
Pemimpin Timor Leste Xanana Gusmao.
Tribun Batam

Pemimpin Timor Leste Xanana Gusmao.

GridHype.ID - Nama Xanana Gusmao erat dengan kisah perjuangannya membeli negaranya.

Ya, di Timor Leste ia dikenal sebagai pejuang untuk kemerdekaan negaranya.

Namun nampaknya kebanggaan itu perlahan muali dipertanyakan, usai beberapa pejabat Timor Leste menyatakan keprihatinannya tentang perilaku pemimpin bersejarah mereka Xanana Gusmao.

Baca Juga: Kisah Mengharukan! Pelukan Perpisahan Xanana Gusmao Cium Kening BJ Habibie yang Terbaring Lemah

Kerihatinan itu muncul setelah foto-foto Xanana tak mengenakan masker dalam pertemuan besar muncul di media sosial.

Dalam beberapa minggu terakhir, mantan presiden Timor Leste itu terlihat dalam beberapa kesempatan di Dili, di mana menjaga kebersihan dan tinggal di rumah adalah hal wajib.

Melansir clubofmozambique.com, Senin (22/3/2021), video terbaru mengenai kemunculan Xanana tanpa masker dalam pertemuan, dirilis pada hari Minggu lalu oleh dua jurnalis Timor Leste, menjadi viral.

Video tersebut telah dibagikan ratusan kali di Facebook dan WhatsApp, memicu artikel kritis di surat kabar Tempo Timor.

“Xanana Gusmao 'mengolok-olok' PNTL (Polícia Nacional de Timor-Leste) dan menentang penguncian (lockdown) wajib,” bunyi judul artikel itu.

Artikel itu juga menulis bahwa polisi Timor Leste telah menahan beberapa orang, penduduk setempat dan orang asing, karena tidak mematuhi aturan kuncian.

Tentang video tersebut, menteri kabinet, Fidelis Magalhaes, mengatakan kepada Lusa bahwa dalam kasus Timor Leste dan mengingat kelemahan sistem kesehatan, tindakan terbaik adalah pencegahan.

Source : kompas, intisari

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest