Follow Us

Eropa Kembali Jadi Episentrum Wabah Corona, Sistem Perawatan Kesehatan Terancam Kewalahan Hadapi Pandemi

Nabila N C, None - Jumat, 30 Oktober 2020 | 20:00
Ilustrasi virus corona.
Freepik.com

Ilustrasi virus corona.

GridHype.ID - Sampai hari ini angka kasus penyebaran virus corona masih mengalami peningkatan.

Tak hanya Indonesia, bahkan covid-19 masih menjadi momok di dataran Eropa.

WHO dalam keterangannya yang dikutip dari kompas.com, Direktur Organisasi Kesehatan Dunia Dr. Hans Kluge menyebut Eropa kembali menjadi episentrum pandemi Covid-19.

Baca Juga: 7 Tahun Dikubur Dalam-dalam, Deddy Corbuzier Keceplosan Bongkar Penyebab Perceraiannya dengan Kalina Ocktaranny

Hal ini lantaran sistem perawatan kesehatan di Eropa terancam kewalahan menghadapi pandemi Covid-19 jika negara-negara Uni Eropa tidak segera mengambil tindakan.

Hal itu disampaikan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Kamis (29/10/2020).

Dia menyampaikan hal itu kepada para pemimpin Uni Eropa melalui konferensi video untuk membahas perkembangan pengujian Covid-19, strategi vaksinasi, serta meningkatkan koordinasi dalam memerangi lonjakan jumlah infeksi di seluruh benua.

Baca Juga: Ekonomi Sulit Akibat Pandemi Covid-19, Pemerintah Putuskan UMP Tidak Naik, Begini Nasib Bantuan Subsidi Gaji Tahun 2021

Von der Leyen mengatakan bahwa Uni Eropa telah menyediakan anggaran 220 juta euro (Rp 3,52 triliun) untuk segera memindahkan pasien Covid-19 melintasi perbatasan untuk perawatan di negara anggota lainnya.

Dia mengatakan sedang mengintensifkan upaya untuk mendapatkan vaksin potensial.

Uni Eropa sekarang sedang dalam pembicaraan dengan empat perusahaan untuk mendapatkan vaksin Covid-19, dan telah menandatangani kesepakatan pasokan dengan tiga lainnya termasuk AstraZeneca, Sanofi dan Johnson & Johnson.

Baca Juga: Selamat! Ringgo Agus Rahman Bagikan Kabar Kelahiran Anak Kedua, Intip Potret Lucu Sang Bayi

Source : Kompas.com

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest