Follow Us

Langit Merah di California Disebut Mirip Pada Saat Kebakaran di Jambi 2019 Lalu, Berikut Penjelasannya

None - Sabtu, 12 September 2020 | 10:00
Suasana Jembatan Bidwell Bar yang dikelilingi oleh api di kawasan Danau Oroville, saat terjadi kebakaran besar di Oroville, California, AS, Rabu (9/9/2020)
AFP/JOSH EDELSON

Suasana Jembatan Bidwell Bar yang dikelilingi oleh api di kawasan Danau Oroville, saat terjadi kebakaran besar di Oroville, California, AS, Rabu (9/9/2020)

Gridhype.id - Kebarakan hutan yang terjadi di California, Amerika Serikat pada Senin 7 September 2020 kemarin, dilaporkan semakin meluas.

Kebakaran tersebut terjadi di Hutan Nasional Plumas bagian timur laut San Francisco.

Api diketahui telah menyebar sejauh 40 kilometer dalam satu hari.

Baca Juga: Ngeri, Video Detik-Detik Ledakan Besar di Dekat Pelabuhan Beirut Lebanon, Puluhan Orang Tewas!

Akibat kebakaran ini suhu di sejumlah tempat mengalami peningkatan dan wilayah setempat mengalami asap udara pekat dengan abu dan bara api.

Tak hanya itu, langit di dekat lokasi kebakaran juga memerah.

Bahkan, sejumlah transportasi sampai menyalakan lampu karena pandangannya yang terbatas.

Baca Juga: Tau-Tau Halal, 6 Artis Cantik ini Lebih Pilih Menikah Diam-Diam Tanpa Sorotan Media, Mulai dari Syahrini Hingga Nella Kharisma

Langit kemerahan pasca kebakaran

Mengenai langit yang berwarna merah di California, astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengungkapkan, kondisi itu serupa dengan peristiwa di Kabupaten Muaro Jambi pada 2019.

"Panorama tersebut disebabkan oleh dahsyatnya kebakaran hutan dan lahan setempat yang turut berkontribusi dalam bencana kabut asap kawasan lewat partikulat-partikulat mikronya yang juga membumbung ke udara dalam jumlah massif," ujar Marufin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/9/2020).

Source : Kompas.com, New York Times

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest