Follow Us

Sering Dipakai, Kertas Pembungkus Makanan Ini Bisa Sebabkan Kemandulan!

Helna Estalansa, None - Minggu, 30 Agustus 2020 | 16:00
Ilustrasi kertas pembungkus makanan.
Citra Anastasia

Ilustrasi kertas pembungkus makanan.

GridHype.ID - Kertas pembungkus makanan merupakan sejenis kertas minyak berwarna cokelat.

Baca Juga: Dianggap Aman-aman Saja, Ajari Anak Meniup Makanan Panas Ternyata Simpan Risiko Berbahaya, Ini Cara yang Benar

Seperti yang kita tahu, jika membeli masakan di rumah makan, pembungkus yang kerap digunakan adalah kertas berwarna cokelat serta plastik transparan.

Dua hal ini memang lumrah digunakan sebagai pembungkus makanan.

Namun, pakar toksikologi kimia mengatakan bahwa kertas berwarna cokelat tersebut ternyata mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan manusia.

Baca Juga: Berbahaya! 3 Lauk ini Nggak Boleh Dikonsumsi Barenga Nasi Putih

Dilansir dari Tribun Pontianak, kertas nasi mengandung bisphenol A atau BPA, yang memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Diketahui BPA sendiri sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah atau pembungkus makanan bukan hanya dari plastik, tetapi juga kertas.

Terkait bahaya penggunaan kertas nasi ini juga sempat dipaparkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di website resminya.

Baca Juga: Ngeri! 5 Jenis Makanan yang Sering Kita Konsumsi Setiap Hari ini Rupanya Bisa Bikin Tubuh Keracunan

Di mana Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan.

Source : Grid.ID

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest