Follow Us

Jangan Panik! Pemerintah Tetap Transfer BLT Rp600 Ribu, Ini Penyebab Telat Masuk ke Rekening Kamu

Nabila N C, None - Sabtu, 29 Agustus 2020 | 07:45
Ilustrasi Bank Digital BCA
BCA

Ilustrasi Bank Digital BCA

GridHype.ID - Pemerintah menggelontorkan bantuan untuk karyawan swsta yang diperuntukkan bagi mereka yang bergaji di bawah 5 juta.

Meski sudah pencairan, namun beberapa bank swasta yang terdaftar masih belum menerima bantuan dari pemerintah tersebut.

Besar nomonal pencairan subsidi gaji Rp 600.000 dalam program Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Pencairan pertama dilakukan mulai 27 Agustus 2020 (pencairan BLT/ BLT BPJS).

Baca Juga: Subsidi Gaji Pemerintah Belum Masuk Rekening Pekerja? 4 Penyebab Ini Bisa Jadi Alasan Tak Terima BLT Rp 600 Ribu

Kendati demikian, program BLT BPJS Ketenagakerjaan ini belum seluruhnya diterima oleh pekerja yang memiliki gaji Rp 5 juta per bulan, terutama pekerja yang rekeningnya memakai bank swasta alias bukan bank BUMN ( Himbara).

Kasubag Pemberitaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Dicky Risyana, membenarkan bahwa pekerja yang menggunakan rekening bank swasta untuk penggajiannya belum menerima dana bantuan subsidi gaji karyawan.

"Iya betul (rekening bank swasta belum cair). Jadi yang sudah (terima bantuan pemerintah) di Himbara yang langsung cair dan ditransfer ke penerima," terang Dicky saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Subsidi Gaji Sebesar Rp 600 Ribu Bakal Cair Besok, Begini Cara Cek Namamu Terdaftar dalam Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak!

Dana subsidi gaji Rp 600.000 baru akan cair dalam beberapa hari untuk pekerja yang menggunakan rekening bank swasta, seperti BCA, CIMB Niaga, Danamon, Maybank, OCBC NISP, dan Panin.

"Kalau bank non-pemerintah biasanya butuh maksimal 1 sampai 2 hari karena ada proses pindah bank (transfer antar-bank)," kata Dicky.

Belum cairnya subsidi gaji karyawan bagi pengguna rekening bank swasta karena pemerintah menggunakan bank BUMN untuk proses penyalurannya, sehingga butuh waktu selama proses transfer subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan dari 4 bank BUMN ke bank swasta.

Source : GridFame.ID

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest