Follow Us

Belum Banyak Orang Tahu, Cuci Masker Kain Nggak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar

None - Rabu, 08 April 2020 | 10:35
Masker kain
Freepik.com

Masker kain

GridHype.ID - Belakangan, anjuran memakai masker untuk semua orang mulai digalakkan.

Jika dulu hanya orang sakit saja yang dihimbau memakai masker, kini semua orang yang beraktivitas di luar rumah mulai diwajibkan.

Namun bukan masker bedah atau masker medis, orang sehat disarankan untuk memakai masker kain.

Baca Juga: Pakar Ekspresi Baca Gelagat Aurel Hermansyah Soal Atta Halilintar, Sebut Gambaran Orang Jatuh Cinta

Sebelumnya, World Health Organization (WHO) memang menyatakan bahwa penggunaan masker hanya diperuntukkan kepada orang yang sakit, namun berbeda dengan saat ini, WHO kembali menerangkan bahwa semua orang yang keluar rumah wajib memakai masker sebagai perlindungan dari infeksi virus corona (Covid-19).

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penggunaan masker kain mampu memperlambat penyebaran virus, termasuk virus corona. Dengan menggunakan masker kain juga membantu orang yang memiliki virus untuk tidak menularkannya ke orang lain.

Meski begitu, CDC menyatakan bahwa masker kain sebaiknya tidak digunakan oleh anak-anak di bawah usia 2 tahun, karena bisa mengalami kesulitan bernapas, atau kesulitan melepas masker tanpa bantuan.

Baca Juga: Mitos Virus Corona Bisa Menular Saat Berenang di Kolam Umum, Pakar Beri Jawabannya

Oleh karenanya, jika anak-anak di bawah usia 2 tahun yang menggunakan masker, sebaiknya selalu dalam pengawasan orang tua.

Tak hanya itu, kita juga perlu memerhatikan saat akan menggunakan maupun melepaskan masker kain, dengan memastikan tangan agar tidak menyentuh mata, hidung dan mulut.

Dalam menggunakan masker kain, kita juga harus memikirkan kebersihan masker, sebab masker yang bersih mampu mencegah kita terkena penyakit.

Melansir akun Instagram @kawalcovid.id, berikut alat dan bahan, serta aturan mencuci masker kain yang tepat.

Source : Gridhealth.id

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest