Gridhype.ID - Sms penipuan seperti minta transfer uang kian meresahkan.
Sering kali, sms penipuan minta transfer uang ini kita dapat dari orang dengan nomor tidak dikenal.
Parahnya, tak cuma satu nih, sudah banyak orang jadi korban sms palsu minta transfer uang.
Meski sebagian orang tahu sms itu adalah sms penipuan, tapi tidak sedikit juga yang jadi korban.
Baca Juga: Berjuang Demi Kesembuhan Shakira Aurum, Denada: Tuhan Itu Nggak Ninggalin Kita Kok
Biasanya, sms ini berisi perintah untuk segera mengirimkan uang ke nomor rekening tertentu.
Orang yang biasanya menjadi korban ialah dia yang sedang melakukan transaksi jual beli.
Korban bisa jadi tergesa-gesa mentransfer uang lantaran sedang membeli sesuatu di online shop.
Tanpa memperhatikan nomer rekening dan juga nama penerima, korban asal saja mengirimkan uangnya setelah menerima sms.
Padahal sms itu bukan kiriman dari online shop yang ia maksud.
Melansir laman resmi OJK, pelaku penipuan biasanya membuat rekening palsu agar tidak mudah ditangkap.
Baca Juga: Kisah Pilu Vanessa Angel Selama di Penjara, Tiap Malam Nangis!
Namun, kini pihak perbankan tidak akan tinggal diam.
Kini bank bisa melakukan penundaan selama-lamanya 5 hari jika terjadi dugaan penipuan dalam transaksi.
Setelah 5 hari, bank bisa memutuskan apakah transaksi bisa disetujui atau tidak.
Selain itu, sekarang bank juga lebih mewaspadai proses pembukaan rekening.
Di mana nasabah dengan dokumen yang dirasa palsu tidak akan bisa membuat tabungan baru.
Nah, untuk kamu yang sering mendapat sms palsu, kamu bisa mencegah jatuhnya korban dengan cara melaporkannya.
OJK sendiri juga membagikan kiat-kiat agar kita terhindar dari penipuan.
Pertama, pastikan mengecek nomor rekening setiap akan transaksi.
Baca Juga: Sindir Jokowi di Sebuah Program TV, Ternyata Sherly Annavita Bukan Orang Biasa
Tolak permintaan identitas diri dari orang yang tidak dikenal, apalagi untuk membuka rekening.
Laporkan screenshoot nomor rekening dan sms palsu yang kamu dapat ke Layanan Konsumen OJK agar ditindak.
Kamu bisa mengirimnya via email ke konsumen@ojk.go.id atau hubungi 157.
Pastikan screenshoot nomor rekening dan nama penerima terlihat jelas.
(*)
Artikel ini pernah tayang di grid.id dengan judul Sering Dapet SMS Palsu Minta Transfer Uang? Jangan Dibiarkan, yuk Laporkan Saja!