Ngapain Beli Skincare Mahal-mahal, Mending Pakai Sayur Murah Ini Buat Wajah Makin Glowing dan Bercahaya, Begini Cara Bikinnya

Kamis, 09 Juni 2022 | 07:00
Freepik.

Ilustrasi Pare

GridHype.ID -Semua orang tentu mendambakan wajah glowing.

Apalagi bagi kaum hawa, wajah glowing dan bercahaya seakan menjadi impian para wanita.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan ya.

Pasalnya, dengan memiliki wajah glowing dan bercahaya tentu kita bisa jadi tampil lebih pede.

Seperti yang dikutip dari SajianSedap.com, kita juga jadi tak perlu menggunakan banyak make up untuk menutupi kekurangan di wajah kita.

Nah makanya biasanya kamu pasti akan menggunakan skincare kan untuk mendapatkan wajah glowing.

Tak hanya itu, kamujuga bahkan sampai rela keluar uang banyak untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Namun, sayangnyataksemua orang bisa melakukan hal tersebut.

Kalau begitu kamu tak perlu khawatir.

Baca Juga: Pantas Saja Bikin Emak-emak Satu Indonesia Kegirangan, Ternyata Begini Cara Mudah Hilangkan Rasa Pahit dari Pare, Cuma Modal Bumbu Dapur Ini

Karena kamubisa gunakan pare untuk bikin wajah glowing dan bercahaya kok.

Gunakan Pare Agar Wajah Bisa Glowing

Pare terbukti mengandung banyak vitamin dan protein.

Melansir dari boldsky via SajianSedap.com, pare dapat membantu kamumembersihkan kotoran dan debu dari wajah.

Kandungan vitamin dan mineral inilah yang membuat wajah menjadi lebih sehat dan bercahaya.

Begini cara pakai pare untuk membuat wajah kamuterlihat lebih glowing.

1. Lumatkan pare dengan blender hingga halus

2. Lalu, oleskan pare yang telah lembut tadi pada wajah.

3. Diamkan dahulu selama 5 menit.

Baca Juga: Biasa Diolah Jadi Bahan Masakan, Cobalah Oles Wajahmu dengan Potongah Sayur yang Dikenal Pahit, Selamat Tinggal pada Jerawat!

4. Kemudian bilas wajah kamudengan air dingin.

Selain buat wajah glowing, pare juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting loh.

Manfaat Pare untuk Kesehatan

Melansir dari Kompas.com, berikut ini adalah manfaat pare yang ternyata tak bisa disepelekan:

Membantu menurunkan gula darah

Pare telah sejak lama digunakan di seluruh dunia untuk membantu mengobati kondisi terkait diabetes.

Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam pare mungkin memiliki efek yang mirip dengan insulin atau hormon yang bertanggung jawab untuk memungkinkan gula darah memasuki sel.

Aktivitas insulin dapat membantu melindungi tubuh terhadap resistensi insulin dan menjaga gula darah tidak naik.

Itulah mengapa pare dianggap dapat membantu melawan diabetes.

Baca Juga: Nggak Bolak-balik Rumah Sakit, Rutin Konsumsi Sayur Pahit ini Khasiatnya Tak Main-main Bagi Tubuh, Bikin Panjang Umur!

Meskipun penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa pare memiliki efek hipoglikemik, uji klinis yang mendukung temuan ini masih sangat kurang.

Membantu melawan kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pare mengandung senyawa tertentu yang bersifat melawan kanker.

Misalnya, sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak pare efektif membunuh sel kanker perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring (area di belakang hidung di bagian belakang tenggorokan).

Studi tabung reaksi lain menemukan temuan serupa dan melaporkan bahwa ekstrak pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara sekaligus mendorong kematian sel kanker.

Namun, penting untuk diingat bahwa penelitian-penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak pare dalam jumlah terkonsentrasi pada sel individu di laboratorium.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan bagaimana pare dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker pada manusia bila dikonsumsi dalam jumlah normal yang ditemukan dalam makanan sehari-hari.

Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri, memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ternyata Tambahkan 2 Bumbu Dapur ini Ketika Rebus Pare Demi Hasil yang Tidak Pahit, Langsung Bikin Seisi Rumah Ketagihan

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dsn trigliserida untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Studi lain mencatat bahwa memberi tikus ekstrak pare dapat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dibandingkan dengan plasebo.

Dosis pare yang lebih tinggi menunjukkan penurunan yang lebih besar.

Namun, penelitian terkini tentang potensi penurun kolesterol dari pare sebagian besar masih terbatas pada penelitian pada hewan yang menggunakan ekstrak pare dosis besar.

Jadi, diperlukan studi tambahan untuk menentukan apakah efek yang sama berlaku untuk manusia yang memakan pare sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Menurunkan berat badan

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, pare rendah akan kalori tetapi tinggi kandungan serat Setiap 94 gram pare mengandung sekitar 2 gram serat.

Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat sehingga dapat membantu membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

Oleh karena itu, menukar bahan berkalori tinggi dengan pare atau makanan tinggi serat dan rendah kalori lainnya dapat mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pare dapat memiliki efek menguntungkan pada pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 4,8 gram ekstrak pare setiap harinya dapat merangsang penurunan lemak perut yang signifikan.

Peserta studi kehilangan rata-rata 1,3 cm dari lingkar pinggang mereka setelah mengonsunsinya selama tujuh minggu.

Baca Juga: Satu Indonesia Kecolongan, Siapa SangkaPare Rebus Simpan Manfaat Luar Biasa untuk Cegah Penyakit Sejuta Umat Ini,Bikin Seisi Rumah Panjang Umur

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, SajianSedap.com

Baca Lainnya