Nggak Bolak-balik Rumah Sakit, Rutin Konsumsi Sayur Pahit ini Khasiatnya Tak Main-main Bagi Tubuh, Bikin Panjang Umur!

Minggu, 10 April 2022 | 05:15
Pxhere

Air rebusan pare ternyata berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

GridHype.ID - Pernahkah kamu mencoba sayur pare?

Bagi sejumlah orang tidak menyukai pare lantaran rasanya yang pahit.

Kendati demikian, rasa pahit sayuran ini tidak menghalangi pecinta sayur pare ini mengolah sayuran ini.

Pasalnya, pare mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dari Sajian Sedap, pare mengandung tinggi serat, kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam komposisi nutrisi pare memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anti inflamasi yang baik, mencegah dan membunuh sel kanker.

Manfaat Pare untuk Tubuh

Dilansir Tribunnews.com dari Healthline, berikut adalah 4 manfaat pare untuk kesehatan menurut penelitian:

1. Membantu menurunkan gula darah

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian mengonfirmasi manfaat pare untuk mengontrol gula darah.

Baca Juga: Kerap Jadi Masakan, Siapa Sangka Mengoleskan Wajah dengan Potongan Buah Pare Tiap Hari Bisa Bikin Perubahan yang Menakjubkan

Sebuah studi selama 3 bulan terhadap 24 orang dewasa dengan diabetes menunjukkan, mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari dapat menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c, yakni tes yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah selama tiga bulan.

Studi lain terhadap 40 penderita diabetes menemukan, mengonsumsi 2.000 mg pare per hari selama 4 minggu juga menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Pare dianggap mampu meningkatkan penggunaan gula di jaringan sekaligus meningkatkan sekresi insulin.

2. Berpotensi memiliki sifat antikanker

Penelitian menunjukkan, pare mengandung senyawa tertentu yang bersifat melawan kanker.

Sebagai contoh, satu penelitian tabung menunjukkan, ekstrak pare efektif untuk membunuh sel kanker lambung, usus besar, paru-paru, dan nasofaring.

Studi tabung reaksi lain memiliki temuan serupa, ekstrak pare terbukti mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

Perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak pare dalam jumlah terkonsentrasi pada sel individu di laboratorium.

3. Menurunkan kolesterol tinggi

Beberapa penelitian terhadap hewan menemukan, pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Modalnya Cuma Rutin Konsumsi Sayuran Pahit ini Khasiatnya Bisa Cegah Berbagai Penyakit Ringan Hingga Kronis, Bikin Panjang Umur!

Satu studi pada tikus dengan pola makan tinggi kolesterol menunjukkan, pemberian ekstrak pare dapat menurunkan yang kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida.

Studi lain mencatat bahwa memberi ekstrak pare pada tikus secara signifikan dapat mengurangi kadar kolesterol dibandingkan dengan memberikan plasebo.

4. Membantu menurunkan berat badan

Pare merupakan makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat.

Pare mengandung sekitar 2 gram serat dalam setiap 94 gram.

Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat, membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar serta nafsu makan.

Oleh sebab itu, menukar makanan berkalori tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk mendukung penurunan berat badan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pare memiliki efek menguntungkan bagi pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Satu studi menemukan, mengonsumsi kapsul yang mengandung 4,8 gram ekstrak pare setiap hari dapat menurunkan lemak perut secara signifikan.

Baca Juga: Jual Buah Sakti Hanya Rp 7 Ribu, Ningsih Tinampi Sesumbar Dagangannya Bisa Jadi Penangkal Santet dan Obat Penyakit

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunnews.com, Sajian Sedap

Baca Lainnya