Mumpung Belum Terlambat, Mulai Sekarang Coba Rutin Makan Kacang Panjang, Nggak Nyangka Bisa Terhindar dari Penyakit Tua Ini

Senin, 21 Februari 2022 | 20:30
Pixabay.com

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan

GridHype.ID - Kacang panjang tentu bukan sayuran yang asing lagi bukan?

Ya, kacang panjang memang mudah ditemui di pasaran dengan harga terjangkau.

Meski murah meriah, kandungan nutrisi dalam kacang panjang tak bisa disepelekan.

Melansir HelloSehat.com, sayuran yang satu ini bukan hanya kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya.

Dari kandungan nutrisinya, diketahui bahwa kacang panjang memiliki sejumlah antioksidan yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten.

Tak heran jika kacang panjang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat mengonsumsi sayur kacang panjang?

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Mengutip SajianSedap.comdari drhealthbenefirs, berikut rincian manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga: Digadang Jadi Makanan Sehat, Inilah Alasan Mengapa Alpukat Tepat Jadi Menu Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes

1. Mencegah Diabetes

Hampir semua jenis sayuran seperti kacang panjang dapat mengontrol kadar gula berlebih sehingga mencegah terjadinya diabetes.

Selain itu, kacang panjang juga rendah kalori dan gula sehingga aman bagi Anda yang bermasalah dengan gula darah.

Cara penggunaan, jus kacang panjang mentah 3-4 buah untuk setiap pagi, dicampur dengan sedikit air dan diminum secara teratur setiap pagi.

Jika Anda tidak tahan dengan baunya, Anda selalu dapat menambahkan tomat atau buah untuk itu.

2. Kesehatan Kardiovaskular & Jantung

Ada juga kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan jantung, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

Kandungan vitamin K yang tinggi dalam sayuran kacang panjang yang bergizi dapat mencegah amplifikasi arteri, sebagai faktor umum penyakit arteri koroner dan gagal jantung.

Penelitian terbaru menunjukkan salah satu kategori vitamin K yaitu vitamin K2 yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengapuran arteri koroner untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Padahal Jadi Makanan Favorit Seantero Negeri, Siapa Sangka Berbuka Puasa dengan Gorengan Bisa Mengundang Malapetaka, Efeknya Bahaya Banget Buat Kesehatan

3. Sumber antioksidan

Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk mencegah dan memerangi radikal bebas.

Kacang panjang merupakan sumber penting antioksidan yang kaya.

Selain beberapa nutrisi antioksidan konvensional seperti vitamin C dan beta-karoten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang penting untuk antioksidan.

Kacang hijau mengandung berbagai macam karotenoid (termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid (termasuk quercetin, kaempferol, catechin, epicatechins, dan procyanidins) yang semuanya telah terbukti memiliki sifat antioksidan.

4. Mencegah Osteoporosis

Tingginya kandungan vitamin K dalam kacang panjang pekarangan merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Kandungan vitamin K dalam sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih dari 20% kebutuhan vitamin K harian yang dibutuhkan tubuh.

5. Baik untuk Pencernaan

Baca Juga: Tak Disangka Dapat Mengurangi Risiko Wanita Terkena Kanker Payudara, Ternyata Rumput Laut Punya Manfaat Luar Biasa Ini

Serat dalam kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan yang dapat memperlancar sekresi.

Akibat dari hal ini kita dapat terhindar dari beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau penyakit yang lebih berbahaya seperti kanker usus besar.

6. Kesehatan Tulang

Selain mencegah osteoporosis, ada berbagai penyakit yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk kita hindari.

Vitamin k dan Mangan yang terdapat dalam kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan membuatnya kuat hingga tua.

Baca Juga: Minuman Kekinian Super Segar Jadi Menu Berbuka Favorit, Siapa Sangka Efeknya Mengerikan Bagi Penderita Diebetes

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : SajianSedap.com, Hellosehat.com

Baca Lainnya