GridHype.ID - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyiapkan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak PPKM level 4.
Diketahui, Kemensos akan menyalurkan setidaknya tiga bansos untukKeluarga Penerima Manfaat (KPM).
Seperti yang diwartakanKompas.com, tiga jenis bansos yang dimaksud, yaitu:
1. Bantuan Sosial Tunai (BST)
2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau kartu sembako
3. Program Keluarga Harapan (PKH)
Selain itu, Kemensos juga bermitra dengan Perum Bulog untuk menyalurkan bantuan beras 10 kg untuk KPM yang mendapatkan BST, BPNT, dan PKH.
Mengutip laman Kemensos, untuk program BST, pemerintah mengalokasikan Rp 1,5 triliun untuk 10 juta KPM selama 2 bulan yakni Mei-Juni 2021, yang cair pada Juli 2021.
Penerima BST akan mendapatkan bantuan tunai Rp 600.000 per KPM yang akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia.
Adapun untuk BPNT atau kartu sembako, pemerintah mengalokasikan Rp 42,3 triliun untuk 18,8 juta KPM dan mendapat tambahan dua bulan, yakni Juli dan Agustus 2021.
Penerima BPNT akan mendapatkan bantuan Rp 200.000 per KPM per bulan yang akan disalurkan melalui Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara).
Sedangkan untuk PKH, pemerintah mengalokasikan Rp 23,8 triliun untuk 10 juta KPM dengan tiga komponen, yakni komponen kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.
Cara cek penerima bansos
Berikut langkah-langkah mengecek bansos melalui laman resmi Kemensos:
- Kunjungi website http://cekbansos.kemensos.go.id
- Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat Anda tinggal
- Ketikkan nama penerima manfaat
- Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
- Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
- Lalu klik tombol "Cari Data"
Sistem akan mencocokan nama KPM dan wilayah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.
Dengan begitu, cek data penerima Bansos bisa dilakukan oleh siapa saja melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
Masyarakat dapat mengakses data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses.
Cara Mencairkan Bansos Rp 600 Ribu di Kantor Pos
Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, penerimaBST wajib membawa KTP-el atau Kartu Keluarga (KK) yang asli serta surat undangan yang dibagikan.
Penerima juga disarankan untuk membawa KTP dan KK yang telah di-fotocopy.
Biasanya, kantor pos memiliki jadwal tersendiri untuk pencairan bantuan agar menghindari kerumunan.
Tetap jalankan protokol kesehatan ketika menerima bantuan.
Masyarakat penerima bantuan diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan.
Perhatikan hari, tanggal, jam, dan lokasi penyaluran bantuan.
Setelah menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan, petugas akan men-scan barcode pada surat undangan.
Masyarakat akan langsung mendapat BST.
Petugas akan memfoto satu per satu penerima bansos lengkap dengan KK dan KTP sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah mencairkan bantuan tersebut.
Tidak ada potongan apapun saat mencairkan bansos tunai di kantor pos.
Baca Juga: PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang, Jokowi Siapkan 6 Program Bantuan untuk Masyarakat, Apa Saja?
(*)