Masyarakat Panik Lantaran Kabar Potensi Gempa 8.7 SR dan Tsunami 29 Meter Terjang Jawa Timur, Berikut Penjelasan BMKG

Sabtu, 05 Juni 2021 | 15:45
Freepik

Ilustrasi tsunami yang konon bakal melanda Jawa Timur

GridHype.ID - Kabar mengenai potensi gempa dan tsunami di wilayah pantai selatan Jawa Timur mengundang perhatian penduduk setempat.

Bahkan kabar ini menimbulkan kepanikan tersendiri pada warga Jawa Timur.

Sebelumnya, kajian tim ahli BMKG menyebutkan potensi terburuk bencana tsunami adalah 26-29 meter di perairan selatan Jawa Timur dari gempa berkekuatan 8,7 SR di lepas pantai perairan Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga: Waspada Potensi Tsunami Setinggi Minimal 20 Meter di Laut Selatan Jatim, Pemerintah Sosialisasikan Rumus 20-20-20 Untuk Menyelamatkan Diri

Informasi itu muncul usai pemaparan dalam webinar Kajian Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat (28/5/2021).

Sejumlah netizen kemudian menyampaikan kekhawatirannya melalui media sosial.

Salah satunya adalah yang diunggah oleh akun TikTok @cacahoo

Pasrah ya Allah… lindungilah semua umatmu di muka bumi ini,” tulisnya.

pasrah ya Allah... lindungilah semua umatmu di muka bumi ini ????????????#blitar #ponggok #fyp? ? original sound - Wong Blitar????????

Hingga kini postingan tersebut telah ditonton 2,3 juta orang, disukai lebih dari 124.800 ribu pengguna dibagikan lebih dari 33.400 ribu kali dan mendapat 7.114 komentar.

Ya Allah moga aja jgn smpai trjadi,” tulis akun dengan nama user2945508185729.

Baca Juga: Bak Tak Tahu Harus Berbuat Apalagi Usai Diterjang Tsunami Covid-19, Warga India Sampai Buat dan Sembah Dewi Cororna Agar Pandemi Cepat Berakhir, ini Faktanya

Smg Pasuruan & sekitar nya seluruh Jatim dalam lindungan Allah Aamiin salam anak rantau timur tengah,” tulis akun dengan nama Ria Jessica.

Penjelasan BMKG Terkait informasi itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Mitigasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengingatkan masyarakat agar tidak panik.

“Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masyarakat tidak perlu panik karena model skenario terburuk itu dibuat untuk merancang mitigasi,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Pihaknya menegaskan, bahwa kapan dan di mana terjadinya gempa dan tsunami tidak ada yang tahu.

Sementara terkait informasi tersebut, yang diharapkan adalah respon mitigasi dari masyarakat dan bukan timbulnya kepanikan.

"Masyarakat jangan panik, informasi potensi disiapkan untuk respons mitigasi bukan untuk menakuti masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: Bahu Membahu di Tengah Pandemi, Indonesia Kirim 200 Oxygen Concentrators Untuk Bantu India Tangani Tsunami Covid-19

Potensi bukan prediksi

Daryono menjelaskan, apa yang disampaikan BMKG adalah terkait potensi adanya gempa dan tsunami. Hal itu menurutnya berbeda dengan prediksi.

Pihaknya menegaskan, potensi dan prediksi adalah dua hal yang berbeda.

Potensi menerangkan adanya lokasi dan besaran ancaman bahaya.

Sedangkan prediksi berarti ada lokasi, besaran ancaman bahaya dan kapan akan terjadi.

“Di sini BMKG tidak memberi info kapan.

Bahkan kita tidak tahu kapan terjadinya,” ujar dia.

Baca Juga: Kesaksian Mahasiswa Indonesia yang Menimba Ilmu di India, Kisahkan Suasana Mencekam di Tengah Gelombang Tsunami Covid-19

Ia menegaskan siapapun tidak ada yang bisa memprediksi kapan terjadinya tsunami.

Sementara potensi berarti itu bisa saja terjadi beberapa tahun ke depan, puluhan tahun hingga bahkan ratusan tahun ke depan.

“Potensi itu sama untuk semua wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Lombok hingga Sumba, bukan Jatim saja,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua MPR Minta Pemda dan Masyarakat Untuk Terus Waspada Terhadap Potensi Tsunami Setinggi 20 Meter di Pantai Selatan Jawa

Mitigasi masyarakat

Pihaknya menjelaskan terkait dengan adanya potensi gempa dan tsunami di wilayah Jawa Timur sendiri menurutnya langkah yang dilakukan BMKG adalah menyiapkan masyarakat siaga tsunami.

Hal itu dapat dilakukan dengan membuat sekolah lapang gempa, memasang sirine, memasang alat penerima informasi dan warning tsunami, dan memetakan bahaya tsunami.

Selain itu juga perlunya peta landaan tsunami, memasang rambu, membantu membuat jalur evakuasi dan rekomendasi-rekomendasi mitigasi lain yang tepat.

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas

Baca Lainnya