Bansos Tunai Rp 300 Ribu Diperpanjang hingga Juni 2021, Apakah Bantuannya Sudah Disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat? Cek di Laman Resmi Ini

Senin, 31 Mei 2021 | 16:15
Kompas.com

ilustrasi bansos Rp300 juta

GridHype.ID- Penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) masih berlangsung hingga kini.

Terdapat tiga bantuan yang masih disalurkan pada masyarakat yaitu bansos tunai Rp 300 ribu, PKH, dan BPNT.

Dengan mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id,masyarakat dapat mengetahui statusnya sebagai penerima bansos dan keterangan terkait penyaluran bantuannya.

Baca Juga: Sudah Cek Penerima Bansos Tunai Rp300 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id, Begini Cara Pencairan Dana Bantuannya di Kantor Pos Terdekat

Melansir tribunnews.com, untuk BST yang sebelumnya berakhir pada April 2021, akan ada penambahan alokasi penyaluran 2 bulan yaitu Mei-Juni dengan indeks bantuan Rp 300 ribu per bulan.

Kementerian Sosial (Kemensos) juga tengah menyiapkan proses penyaluran bantuan dan akan disosialisasikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk pemanfaatannya.

Pemerintah mengupayakan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos).

Baca Juga: Bansos Tunai Rp300 Ribu Masih Terus Dibagikan Pemerintah Hingga Juni 2021, Cek Apakah Kamu Bagian dari Penerima Bantuan dari Kemensos Ini?

Baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST) maupun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy setelah memimpin rapat tingkat menteri terkait evaluasi dan percepatan penyaluran bansos, Senin (10/5/2021).

Muhadjir meminta agar data penerima dari semua program bansos yang ada di Kemensos diintegrasikan.

"Yang paling penting harus dipastikan pengawasan ketat agar semua bansos benar-benar tersalur ke penerimanya dan dibelanjakan," katanya, dikutip dari laman Kemenkopmk.go.id.

Baca Juga: Kemensos Perpanjang Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 Ribu Hingga Juni Mendatang, Sudahkah Kamu Cek Namamu Masuk Daftar Penerima Bansos?

Ia juga menyampaikan, Bansos PKH tahap II sudah disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dikutip dari laman pkh.kemensos.go.id, PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Dalam penyalurannya, Kemensos bekerja sama dengan bank Himbara dalam pencairan bantuan sosial PKH.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp300 Ribu Cair Lagi tapi 21 Juta Data Penerimanya Dinonaktifkan, Bagaimana dengan Statusmu? Coba Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Seluruh KPM PKH akan mendapatkan bantuan langsung ke rekeningnya.

Penerima bisa mencairkan di ATM bersama, e-warong, dan agen-agen bank yang ditunjuk oleh bank penyalur.

Bantuan ini bersyarat bagi keluarga yang memenuhi satu atau lebih komponen yaitu komponen kesehatan dengan kategori ibu hamil dan anak balita.

Komponen pendidikan dengan kategori anak SD/MI atau sederajat, anak SMP/MTs atau sederajat, dan anak SMA/MAN atau sederajat.

Kemudian, komponen Kesejahteraan Sosial dengan kategori lanjut usia di atas 70 tahun dan kategori disabilitas berat.

Baca Juga: Bantuan Sembako Mei 2021 Sudah Cair, Begini Cara Cek Daftar Penerima Beserta Pencairan Bantuannya

Sementara itu, BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah.

Bansos ini diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik.

Bantuan digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerja sama dengan bank.

Baca Juga: BERITA POPULER: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Sampai Melongo Saat Kunjungi Rumah Mewah Ruben Onsu Hingga 4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak HP Saat di Charge

Cara cek penerima bansos

Mengutip kompas.com, data para penerima bansos ini bisa dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Laman tersebut memuat data para penerima bansos, sehingga masyarakat bisa mengecek apakah keluarganya terdaftar sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru.

"Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai) dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya," kata Mensos Tri Rismaharini, mengutip laman setkab.go.id.

Baca Juga: Cukup Siapkan KTP Agar Tak Salah Masukkan Data, Begini Cara Cek Penerima Bansos dari Kemensos Lewat HP

Langkah mengecek bansos tunai, yakni:

Buka laman http://cekbansos.kemensos.go.id

Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat tinggal

Ketikkan nama sesuai yang tertera di KTP

Masukkan 4 huruf kode yang ada dalam kotak kode

Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru

Kemudian, klik tombol cari.

Baca Juga: Sudah Terima Bansos dari Kemensos Belum? Yuk, Segera Cek Statusmu Sebagai Penerima BST Rp300 Ribu, PKH, dan BPNT dengan Login cekbansos.kemensos.go.id

Setelahnya, sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Jika terdaftar sebagai penerima bansos, maka akan muncul nama penerima, umur status BST, keterangan, dan periode penyaluran.

Namun apabila bukan penerima bansos, maka akan ada keterangan yang berbunyi "Tidak Terdapat Peserta / PM".

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya