Dosis Pertama Relatif Lemah, Vaksin Pfizer dan Moderna Disebut Lebih Ampuh pada Suntikan Kedua, CDC: Risiko Infeksi Covid-19 Turun 90 Persen

Kamis, 01 April 2021 | 12:30
Freepik

Ilustrasi vaksinasi Covid-19

GridHype.ID -Saat ini banyak negara yang tengah gencar melakukan program vaksinasi Covid-19.

Ya, program vaksinasi Covid-19 diharapkan bisa menekan angka kasus pasien terinfeksi virus corona.

Selain itu,program vaksinasi Covid-19 juga diharapkan bisa memusnahkan virus itu sendiri.

Kini, ada kabar baik mengenai vaksin Covid-19 produksi Pfizer dan Moderna. Apa itu?

Baca Juga: Demi Kemanjuran Vaksin Covid-19, Sebelum Disuntik Sebaiknya Hidari Konsumsi Obat-obatan Berikut Ini, Yuk Cari Tahu!

Yuk kita simak bersama!

Studi terbaru yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) terkait vaksin Pfizer dan Moderna menunjukan hasil positif.

Dimana kedua vaksin tersebut dinilai sangat manjur mengurang infeksi virus corona (Covid-19).

Hasil studi ini juga memperkuat temuan sebelumnya yang menyatakan penggunaan vaksin messenger RNA (mRNA) tersebut dalam melindungi diri dari infeksi, termasuk infeksi yang tidak menimbulkan gejala.

Baca Juga: Kabar Tak Sedap, Jerman Lagi-lagi Tangguhkan Vaksin Covid-19 AstraZeneca Usai Muncul Kasus Pembekuan Darah

Direktur CDC Rochelle Walensky, seperti dikutip dari Reuters (30/3/2021) mengatakan: "Vaksin mRNA Covid-19 resmi memberikan perlindungan nyata awal dan substansial terhadap infeksi bagi personel perawatan kesehatan negara kita, garda terdepan, dan pekerja penting garis depan lainnya."

Hal itu diketakannya karena dari hasil studi CDC menunjukan, vaksin Pfizer dan Moderna ampuh mengurangi risiko infeksi hingga 80% setelah dua minggu paska suntikan pertama.

Kemanjurannya pun semakin meningkat dalam dua minggu setelah suntikan kedua, dimana risiko infeksi Covid-19 turun 90 persen.

Baca Juga: Ogah 'Ngemis' ke Negara lain, Presiden Venezuela Siap Barter Vaksin Covid-19 dengan Minyak

Studi tersebut mengamati keefektifan vaksin mRNA di antara 3.950 peserta di enam negara bagian Amerika Serikat selama periode 13 minggu dari 14 Desember 2020 hingga 13 Maret 2021.

Sekitar 74% memiliki setidaknya satu suntikan, dan tes dilakukan setiap minggu pada mereka yang terinfeksi bergejala maupun tanpa gejala.

Hasilnya vaksin mRNA Covid-19 tersebut mampu memberikan perlindungan dunia nyata awal dan substansial terhadap infeksi bagi personel tenaga kesehatan.

Baca Juga: Jangan Sembrono Meski Sudah Divaksin Covid-19, Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tubuh Nggak Gampang Drop

Teknologi mRNA baru sendiri merupakan bentuk sintetis dari pembawa pesan kimiawi alami yang digunakan untuk menginstruksikan sel membuat protein yang merupakan duplikasi dari bagian virus corona baru.

Teknologi ini mengajarkan sistem kekebalan untuk mengenali dan menyerang virus yang sebenarnya.

CDC mengatakan, hasil penelitian yang dirilis (29/3/2021) memberikan kepastian bahwa orang mulai mengembangkan perlindungan dari vaksin dua minggu setelah dosis pertama mereka, meskipun badan tersebut menegaskan kembali bahwa perlindungan terbesar terlihat di antara mereka yang telah menerima kedua dosis vaksin yang direkomendasikan.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bulan Ramadan Tiba, Apakah Program Vaksinasi Covid-19 Masih Bisa Dilakukan? Berikut Penjelasannya

Sementara itu, dikutip dari laman jamanetwork.com (3/2/2021) vaksin Pfizer dan Moderna diketahui memang termasuk vaksin Covid-19 yang harus diberikan dalam dua dosis.

Dalam artikel berjudul "Necessity of 2 Doses of the Pfizer and Moderna COVID-19 Vaccines" itu disebutkan bahwa reaksi kekebalan yang ditunjukan seseorang saat menerima vaksin dosis pertama relatif lemah.

Sedangkan setelah diberikan dosis kedua vaksin kemampuan untuk mencegah infeksi Covid-19 lebih meningkat.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul "CDC; Risiko Infeksi Covid-19 Turun 90 Persen Setelah Suntikan Vaksin Pfizer dan Moderna Kedua"

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya