Demi Kemanjuran Vaksin Covid-19, Sebelum Disuntik Sebaiknya Hidari Konsumsi Obat-obatan Berikut Ini, Yuk Cari Tahu!

Rabu, 31 Maret 2021 | 14:15
Freepik

Ilustrasi vaskinasi Covid-19

GridHype.ID -Saat ini sudah banyak warga yang telah menerima vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, bagi yang belum menerima wajib mencari tahu informasi lengkap mengenai vaksin Covid-19.

Salah satunya yakni mengenai hal yang perlu kamu siapkan sebelum menerima vaksinasi Covid-19.

Ya, demi mendapatkankemanjuran dari vaksin Covid-19, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi hal-hal berikut ini. Yuk cari tahu lebih lanjut!

Baca Juga: Jangan Sembrono Meski Sudah Divaksin Covid-19, Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tubuh Nggak Gampang Drop

Seperti yang diketahui, karena vaksin Covid-19 semakin banyak tersedia, semakin banyak pula orang yang bertanya kapankan mereka mendapat giliran untuk disuntik.

Namun sebelumnya perlu ditegaskan kembali bahwa mendapatkan vaksinasi untuk Covid-19 saja belum cukup untuk membantu kita melawan virus corona.

Kita tetap harus melanjutkan protokol kesehatan 3M, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan yang tepat sebelum dan sesudah mendapatkan suntikan.

Baca Juga: Ogah 'Ngemis' ke Negara lain, Presiden Venezuela Siap Barter Vaksin Covid-19 dengan Minyak

Dilansir dari Center for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, ketika kita mendapatkan panggilan untuk menerima vaksin Covid-19, pastikan untuk menghindari alkohol dan tembakau (rokok) dan tidur tepat waktu juga dianjurkan oleh dokter beberapa hari sebelum mendapatkan vaksinasi.

Jangan mengonsumsi obat-obatan ini sebelum mendapatkan vaksin Covid-19 pada hari H, yaitu tidak mengonsumsi obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen (salah satu obat umum untuk Arthritis) atau acetaminophen (obat ini biasanya digunakan untuk mengobati demam dan nyeri)

Obat-obatan yang dijual bebas ini dapat mengubah tindakan vaksin virus corona dan itu mungkin tidak mengarah pada efek vaksin yang tepat.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bulan Ramadan Tiba, Apakah Program Vaksinasi Covid-19 Masih Bisa Dilakukan? Berikut Penjelasannya

Ini biasanya digunakan untuk mengobati peradangan, sakit kepala normal, nyeri haid, dan juga flu.

Obat-obatan yang tersedia dengan mudah ini dapat menghambat sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian dapat mengubah kemanjuran vaksin Covid-19.

Sebabnya, tubuh tidak segera membuat antibodi dan mulai melawan virus corona begitu suntikan vaksin diberikan kepada.

Butuh waktu bagi tubuh untuk membangun perlindungan setelah mendapatkan suntikan.

Baca Juga: Lampaui Jokowi, Hasil Survei Ungkap 73 Persen Responden Mau Divaksinasi Apabila Prabowo Sudah Menerima Vaksin Covid-19

Jadi, ketika kita menggunakan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau acetaminophen sebelum mendapatkan suntikan vaksin, kita sebenarnya mengurangi kemanjuran vaksin dari menghasilkan jumlah antibodi yang dibutuhkan.

Menurut para ahli, jenis obat yang dijual bebas ini menekan respons kekebalan dalam tubuh dan bahkan ketika kita diberi suntikan vaksin Covid-19 untuk melawan virus corona, kita pada akhirnya menciptakan antibodi yang kurang efektif.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa seseorang harus menghindari minum semua obat di bawah kelompok NSAID sebelum dan setelah mengambil suntikan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Vaksinasi Sasar Daerah Berstatus Zona Merah dan Kelompok Rentan, Lantas Bagaimana dengan Vaksin Untuk Penyintas Covid-19?

Namun, parasetamol dapat diminum untuk menurunkan demam dan nyeri tubuh. Ini adalah obat analgesik dan antipiretik dan dapat diminum setelah mendapat suntikan.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat data terbaru terkait virus Corona di Indonesia.

Sementara itu, dilansir dari covid19.go.id Selasa (30/3/2021), total kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini ada 1.505.775 orang.

Baca Juga: Vaksinasi Sasar Daerah Berstatus Zona Merah dan Kelompok Rentan, Lantas Bagaimana dengan Vaksin Untuk Penyintas Covid-19?

Adapun total pasien sembuh secara keseluruhan sebanyak 1.342.695 orang.

Sementara, jumlah yang dinyatakan meninggal dunia menjadi 40.754 orang.

Sebagian artikel telah tayang di GridHealth.ID dengan judul "Vaksin Covid-19, Hindari Minum Obat-obat Ini Sebelum Disuntik"

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : GridHealth.ID, covid19.go.id

Baca Lainnya