Jadi yang Pertama di Dunia, Inggris Beri Lampu Hijau Untuk Eksperimen Pada Manusia, Relawan Akan Diberikan Virus Covid-19 Agar Terpapar demi Penelitian

Kamis, 18 Februari 2021 | 16:30
Freepik.com

Pertama di Dunia, Inggris Beri Izin Pada Relawan Untuk Sengaja Terpapar Covid-19 Guna Penelitian Medis Terkait Pandemi.

GridHype.ID -Inggris menjadi negara pertama di dunia yang memberikan lampu hijau untuk uji coba eksperimen manusia,pada Rabu.

Uji coba ini akan dilakukan di mana relawan dengan sengaja terpapar COVID-19 untuk keperluan penelitian tentang penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru.

Melansir dari reuters.com, dalam sesi jumpa pers para ilmuwan mengatakan bahwa penelitian yang akan segera dimulai inimenguji 90 relawan sehat berusia sekitar 18 hingga 30 tahun.

Mereka dengan sengaja akan diberikan virus dalam jumlah terkecil untuk menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Suntik Vaksin Disebut Bisa Batalkan Puasa, Pemerintah Tangsel Sarankan Vaksinasi Covid-19 Bulan Ramadhan Digelar Saat Malam

Sebelum diizinkan mengambil bagian dalam penelitian, relawan akan disaring untuk kemungkinan risiko kesehatan.

Mereka juga akandi karantina untuk pemantauan ketat oleh staf medis selama setidaknya 14 hari di unit spesialis di Rumah Sakit Gratis Royal London.

“Prioritas mutlak tentu saja adalah keselamatan relawan,” kata Peter Openshaw, profesor kedokteran eksperimental di Imperial College London yang memimpin proyek bersama gugus tugas vaksin pemerintah Inggris dan perusahaan klinis hVIVO.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Langkah Terakhir, Penolak Vaksin Covid-19 Bakal Diberi Sanksi

“Tak satu pun dari kita ingin melakukan ini jika ada risiko yang cukup besar,” imbuhnya.

Meski tergolong penelitian yang berisiko, ilmuwan telah melakukan uji coba serupa selama beberapa dekade terakhir.

Mereka menggunakan uji cobaeksperimen manusia untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyakit seperti malaria, flu, tifus dan kolera.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan pengobatan dan vaksin untuk melawannya.

"Peserta uji coba akan diizinkan pulang setelah 14 hari pertama hanya jika 'pengujian ekstensif' menunjukkan bahwa mereka tidak menular," kata Chris Chiu dari Imperial, kepala penyelidik sidang.

Baca Juga: Apa Itu Vaksin Nusantara? Begini Penjelasan dari Terawan Agus Putranto

"Tujuan dariuji coba ini adalah untuk memahami bagaimana virus menginfeksi orang dan bagaimana virus itu berhasil menular di antara kita," tambah Chiu.

Ia juga mengatakan uji coba lebih lanjut menggunakan model eksperimen yang kemudian dapat dilakukan dalam beberapa bulan dan tahun ke depan untuk menetapkan vaksin dan perawatan mana yang bekerja paling baik.

Tak hanya itu, relawan akan mendapatkan kompensasi sekitar £ 88 ($ 122) per hari selama masa studi yang juga akan melibatkan pemantauan lanjutan selama satu tahun.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Negara Lain, Jokowi Minta Produksi Vaksin Merah Putih Dipercepat

Penelitian tersebut akan dilakukan di lingkungan yang aman dan terkendali sehingga meminimalkan resiko apapun.

Tim penelitian juga mengungkapkan untuk membuat uji coba seaman mungkin akan digunakan virus versi SARS-CoV-2 yang telah beredar di Inggris sejak Maret 2020, bukan salah satu varian baru.

Baca Juga: Tubuh Bisa 99 Persen Kebal dari Gejala Covid-19, Kemenkes Sebut Antibodi Terbentuk Setelah Disuntik Dua Dosis Vaksin Sinovac

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : reuters.com

Baca Lainnya