Presiden Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Hari ini, Berikut Daftar Nama Pejabat Publik yang Juga Divaksin Bersama Presiden Jokowi

Rabu, 13 Januari 2021 | 07:15
Kompas TV

Jokowi

Gridhype.id- Hari ini Rabu (13/1/2021) Presiden RI Joko Widodo akan memulai vaksinasi Covid-19 pertama.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Hartono mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang pertama ini akan disiarkan langsung pada pukul 10.00 WIB.

"(Vaksinasi) pagi, pukul 10.00. Nanti ada live streaming," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Dua Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Diduga Gunakan Identitas Palsu Untuk Terbang ke Pontianak, Kasusnya Kini Sedang Diselidiki Pihak Kepolisian

Presiden Joko Widodo akan menjalankan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Istana.

Proses Vaksinasi akan disiarkan secacra live melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden sehingga bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Heru juga mengatakan semua peserta yang divaksin harus sudah sarapan terlebih dahulu dan cukup tidur.

Adapun untuk daftar nama-nama tokoh dan pejabat yang akan divaksin bersama Presiden Jokowi nanti masih belum dipastikan.

Baca Juga: Viral Pernyataan Dokter Tiongkok Sebut Vaksin Sinopharm Punya 73 Efek Samping, Jokowi Tegaskan Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan Aman

Juru bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia memastikan terlebih dahulu siapa saja yang akan menerima vaksinasi perdana Covid-19 tersebut.

"Belum final ya, tetapi Presiden sudah pasti," ujar Nadia seperti dikutip dari Kompas.com.

Sempat beredar beberapa nama tokoh dan influencer yang akan ikut di vaksin berssama Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Nama-nama tersebut antara lain artis Raffi Ahmad, penyanyi Bunga Citra Lestari hingga dokter Tirta Mandira Hudhi (dr Tirta).

Baca Juga: Padahal Jadi Prioritas, 4.000 Tenaga Kesehatan di Banten Justru Tidak Dapat Vaksin Covid-19, Rupanya Karena Faktor ini

Namun Nadia menjelaskan jika daftar nama-nama tersebut bukan merupakan rilis resmi dari kemenkes.

"Slide-nya bukan rilis resmi Kemenkes ya. Informasi tersebut tidak dapat dijadikan rujukan karena hingga saat ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 perdana masih dalam tahap pembahasan," ujar Nadia, Jumat (9/1/2021).

Jadwal penyuntikan perdana vaksin Covid-19 akan dilakukan pada 13-15 Januari 2021.

iStock

Ini Alur Registrasi dan Verifikasi Penerima Vaksin Covid-19 Sinovac Gratis

Pada 13 Januari, penyuntikan vaksin akan ditujukan untuk tiga kelompok sebagai berikut:

Baca Juga: Tak Dapat Pesan SMS, Begini Cara Lain Cek Data Kamu Termasuk Penerima Vaksin Covid-19 Gratis Atau Tidak

Kelompok 1, terdiri dari para pejabat publik: Presiden Joko Widodo, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menlu Retno Marsudi, Mendikbud Nadiem Makarim, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Kepala BPOM Penny Lukito.

Kelompok 2 para pengurus asosiasi profesi dan key opinion leader kesehatan meliputi: Ketua IDI Daeng M Fakih, Ketua PPNI Harif Fadilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi, ahli vaksin milenial Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Commad Center Agus Syamsuddin, Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Muhammad Makky Zamzami, Najwa Shihab, dr Tirta, Bunga Citra Lestari, Raffi Ahmad.

Kelompok 3 adalah tokoh agama: Ketua PBNU Marsudi Syuhud, Perwakilan Muhammadiyah, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ustadz Das'ad Latief, Perwakilan Organisasi Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Baca Juga: Terima Lamaran Youtuber Fiki Naki, Sosok Gadis Cantik Asal Kazakhstan ini Viral, Rupanya Seorang Mahasiswi Hukum

Lalu, pada 14 dan 15 Januari, juga ada tiga kelompok yang akan disuntik vaksin, yakni:

Kelompok 1 adalah pejabat publik daerah: gubernur, kepala dinas kesehatan, sekda, pangdam, kapolda, dirut RSUD rujukan Covid-19.

Kelompok 2: pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan key opinion leader kesehatan daerah.

Kelompok 3: tokoh agama daerah meliputi perwakilan NU, Muhammadiyah, perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Budha dan Hindu.

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya