Jangan Berkecil Hati, Ilmuwan Ungkap Orang-orang dengan Tangan Kidal Justru Lebih Unggul Dibandingkan Mereka yang Menulis dengan Tangan Kanan

Sabtu, 28 November 2020 | 10:30
Kompas.com/everydayplus

Ilustrasi tangan kidal

Gridhype.id– Sebuah studi menemukan fakta jika orang-orang yang kidal memiliki kemampuan lebih baik dalam suatu hal dibanding orang yang menulis dengan tangan kanan.

Melansir Mirror pada Sabtu (28/11/2020), para ilmuwan berhasil mengidentifikasi area genetik dalam otak yang bertanggung jawab dalam kondisi kidal.

Penyebab seseorang kidal biasanya karena faktor genetik yang berperan dalam menentukan tangan mana yang dominan.

Baca Juga: Lima Mutasi Gen Terunik yang Terjadi Pada Manusia, Mulai dari Tangan Capitt Lobster Hingga Kebal Terhadap HIV

Studi yang dipimpin oleh para peneliti di Universitas Oxford ini menganalisis profil setidaknya 400.000 gen orang dari UK Biobank, dimana diantaranya melibatkan 38.332 orang kidal.

Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan gen yang berhubungan dengan kidal memiliki koordinasi yang lebih baik di area otak yang berhubungan dengan bahasa.

Itu mungkin juga menjelaskan mengapa orang-orang kidal memiliki keterampilan bahasa yang lebih baik.

Baca Juga: Dikabarkan Melamar Sang Kekasih, Rupanya Shaheer Sheikh Telah Resmi Menikah dengan Ruchikaa Kapoor, Acaranya Digelar dengan Sederhana

"Pada peserta kidal, area bahasa di sisi kiri dan kanan otak berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang lebih terkoordinasi," kata Dr Akira Wiberg, anggota Dewan Penelitian Medis di Universitas Oxford.

"Ini menimbulkan kemungkinan yang menarik untuk penelitian di masa depan, orang yang kidal mungkin memiliki keuntungan ketika melakukan tugas-tugas verbal."

iStock
iStock

Baca Juga: Chef Arnold Bagikan Kabar Duka, Suami Mama Lita Peserta MCI5 Meninggal Dunia

Para ilmuwan mengatakan perbedaan itu bisa dimulai ketika otak berkembang di dalam rahim.

"Banyak hewan menunjukkan asimetri kiri-kanan dalam perkembangannya."

"Seperti cangkang siput melingkar ke kiri atau ke kanan, dan ini didorong oleh gen untuk perancah sel, yang kita sebut 'sitoskeleton'," kata Profesor Gwenaëlle Douaud, penulis senior bersama di ruang belajar.

"Untuk pertama kalinya pada manusia, kami telah mampu membuktikan bahwa perbedaan sitoskeletal yang terkait dengan 'tangan' ini sebenarnya terlihat di otak.

"Kami tahu dari hewan lain, seperti siput dan katak, bahwa efek ini disebabkan oleh peristiwa yang dipandu secara genetik sejak awal."

Baca Juga: Kasus Prostitusi Online: Dua Artis Digrebek Saat Sedang Threesome Layani Pria Hidung Belang, Pasang Tarif Hingga Rp110 Juta

"Jadi ini meningkatkan kemungkinan bahwa tanda-tanda perkembangan perkembangan 'tangan' yang akan datang mulai muncul di otak dalam rahim."

Para peneliti juga menemukan korelasi antara daerah genetik yang terlibat dalam kidal dan kemungkinan yang sedikit lebih rendah untuk memiliki penyakit Parkinson.

Tetapi kemungkinan yang sedikit lebih tinggi untuk menderita skizofrenia.

Mereka menekankan bahwa hubungan ini hanya sesuai dengan perbedaan yang sangat kecil dalam jumlah sebenarnya orang dengan penyakit ini, dan tidak menyarankan hubungan sebab-akibat.

Baca Juga: Hendak Lakukan Penyemprotan Disinfektan, Dandim Jakpus Sempat Dilarang Masuk ke Gang Rumah Rizieq Shihab yang Dijaga Ketat Oleh Laskar FPI

Mempelajari hubungan genetik dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang bagaimana kondisi medis yang serius ini berkembang, tambah mereka.

"Sepanjang sejarah, kidal dianggap tidak beruntung, atau bahkan jahat," kata Profesor Dominic Furniss, penulis senior bersama dalam penelitian ini, dari Departemen Nuffield untuk Ortopedi, Rematologi, dan Ilmu Muskuloskeletal di Universitas Oxford.

"Di sini kami telah menunjukkan bahwa kidal adalah konsekuensi dari perkembangan biologi otak, sebagian didorong oleh interaksi yang rumit dari banyak gen.”

“Ini adalah bagian dari permadani yang kaya dari apa yang membuat kita menjadi manusia." (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,"Anda Kidal? Jangan Berkecil Hati, Faktanya Orang Kidal Unggul Tentang Hal Ini dibanding Orang pada Umumnya"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya