Kerabat Dekat Terinfeksi Corona, Donald Trump dan Istri Jalani Karantina Usai Dinyatakan Positif Covid-19

Jumat, 02 Oktober 2020 | 14:15
Instagram @realdonaldtrump

Donald Trump

GridHype.ID - Melalui akun Twitter pribadinya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja mengumumkan kabar kurang mengenakan.

Sekitar satu jam yang lalu akun Twitter @realDonaldTrump mengumumkan dirinya dan sang istri, Melania Trump positif Covid-19.

Baik Doland Trump maupun Melania Trump saat ini diketahui tengah menjalani masa karantina dan proses pemulihan.

Presiden Donald Trump dan ibu negara Melania Trump menjalani karantina pada Kamis malam ketika pasangan itu menunggu hasil tes Covid-19 mereka.

Baca Juga: Kembali Ditangguhkan, Pemerintah AS Tunda Pemblokiran TikTok Hingga November Mendatang

Tindakan itu dilakukan setelah pembantu utama atau penasihat Presiden Trump, Hope Hicks, dinyatakan positifCovid-19.

"Apakah kita mengarantina atau memilikinya, saya tidak tahu," kata Donald Trump saat wawancara melalui telepon dengan Sean Hannity dari Fox News Channel pada Kamis malam.

"Aku baru saja menjalani tes dan kita akan lihat apa yang terjadi," ujarnya seperti ditulis dailymail.co.uk hari ini.

Dia kemudian men-tweet: "Hope Hicks, yang telah bekerja sangat keras bahkan tanpa istirahat sedikit pun, baru saja dites positif Covid 19. Mengerikan! Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami!"

Baca Juga: Jauh Sebelum Hubungan Amerika dan China Memanas, Donald Trump Sempat Tawarkan Bantuan ke Xi Jinping untuk Mengendalikan Covid-19

Presiden AS mengatakan dia mengharapkan hasilnya kembali pada Kamis malam atau Jumat pagi waktu setempat.

The New York Times melaporkan para pejabat Gedung Putih telah mengetahui sejak Rabu malam bahwa dia terkena virus.

Hicks mulai merasakan gejala ringan selama perjalanan pulang dengan pesawat dari unjuk rasa di Minnesota pada Rabu malam.

Demikian dikatakan seorang pejabat administrasi, yang berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonim untuk mengungkapkan informasi pribadi.

Baca Juga: Virus Corona Hampir Tewaskan 200.000 Warganya, Donald Trump Klaim Vaksin Covid Bakal Tersedia Beberapa Pekan Lagi

Dia dikarantina jauh dari orang lain di pesawat dan diagnosisnya dikonfirmasi Kamis, kata orang itu.

Reporter Steve Herman mentweet: "Saya berada dalam penerbangan Air Force One ke / dari #Minnesota pada hari Rabu sebagai salah satu reporter pool. Baru saja melakukan tes cepat # COVID19 malam ini dan hasilnya negatif."

Hicks bepergian dengan presiden beberapa kali minggu ini, termasuk di atas Marine One, helikopter kepresidenan, dan Air Force One ke rapat umum di Minnesota, Rabu.

Sejak itu, presiden melakukan perjalanan ke dan dari resor golf Bedminster, New Jersey untuk ambil bagian dalam dua acara kampanye dan kemudian terbang kembali ke Gedung Putih pada malam hari.

Baca Juga: China Lebih Pilih Bisnis TikTok di Amerika Tutup Ketimbang Ditindas Donal Trump

Direktur media sosialnya Dan Scavino dan sekretaris pers Kayleigh McEnany, yang semula akan bergabung dengannya dalam perjalanan Kamis, digantikan pada menit-menit terakhir oleh para asisten lainnya.

Hicks juga pernah naik Air Force One untuk menghadiri debat presiden pertama pada Selasa malam di Cleveland.

Dia terlihat turun dari Air Force One di Cleveland tanpa topengnya.

Hicks juga melakukan perjalanan dengan presiden ke rapat umum di Pennsylvania Sabtu lalu di mana dia terlihat tanpa topeng dan bertepuk tangan ke YMCA Rakyat Desa.

Baca Juga: Kenyang dengan Tuduhan yang Dikeluarkan Donald Trump Soal Bahaya Keamanan Nasional, Tik Tok Kecam Balik

Dia adalah asisten terdekat Trump yang dites positif sejauh ini.

Dia sebelumnya menjabat sebagai direktur komunikasi Gedung Putih dan kembali bergabung dengan pemerintahan tahun ini menjelang pemilihan.

Presiden menggambarkan Hicks yang berusia 31 tahun sebagai 'orang yang sangat hangat' dan menyarankan dia mendekati pendukung dan tertular virus.

"Dia luar biasa dan dia melakukan pekerjaan dengan baik," kata Trump.

Baca Juga: Donald Trump Jadi Korban Bulian Netizen karena Salah Sebut Thailand Jadi 'Thighland'

"Tapi itu sangat, sangat sulit ketika Anda bersama orang-orang dari militer dan penegak hukum dan mereka mendatangi Anda dan mereka, mereka ingin memeluk Anda dan mereka ingin mencium Anda, karena kami benar-benar telah melakukan pekerjaan yang baik untuk mereka."

"Dan Anda mendekat dan sesuatu terjadi," tambah presiden.

Trump juga mengatakan dia 'terkejut' mendengar bahwa Hicks dinyatakan positif.

"Dia banyak memakai topeng, tapi dinyatakan positif," kata presiden.

Baca Juga: Julukan Negara Adi Kuasa Sudah Tidak Relevan Lagi, Amerika Serikat Alami Kondisi Terpuruk hingga Alami Krisis Ekonomi Tahun

Orang Terdekat Trump Kena Covid-19

Hicks menjadi yang terbaru di lingkaran Trump yang tertular virus setelah Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien dan juru bicara satuan tugas virus korona Gedung Putih Katie Miller.

Juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan, Presiden sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan dirinya sendiri dan semua orang yang bekerja untuk mendukungnya dan rakyat Amerika.

Operasi Gedung Putih bekerja sama dengan dokter untuk Presiden dan Kantor Militer Gedung Putih untuk memastikan semua rencana dan prosedur memasukkan panduan CDC.

Dengan demikian, paparan Covid-19 bisa dicegah semaksimal mungkin, baik di kompleks maupun saat presiden perjalanan.

Baca Juga: Kim Jong Un Rela Gunakan Trik ini Agar Tak Terlihat Lebih Pendek Saat Berhadapan dengan Donald Trump

Deere tidak menyebut nama Hicks.

Hicks terlihat Selasa di dalam mobil tanpa topengnya dengan penasihat senior Gedung Putih Stephen Miller dan penasihat kampanye Jason Miller.

Dia dikatakan telah mengenakan topeng saat di Marine One dengan Trump.

Tes positifnya pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News.

Hicks bergabung dengan 20 hingga 30 asisten dan anggota keluarga, termasuk putra presiden Don. Jr, di pesawat Air Force One Tuesday.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul PRESIDEN AS Donald Trump dan Ibu Negara Dikarantina, Penasihatnya Hope Hicks Positif Virus Corona

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Wartakotalive.com

Baca Lainnya