Sedikit Bernapas Lega di Tengah Pandemi Virus Corona, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Bansos Covid-19 2020 Untuk UMKM

Sabtu, 25 Juli 2020 | 11:00
Instagram @smindrawati

Angin Segar Bagi Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Bansos Covid-19 untuk UMKM, Apa Itu?

GridHype.ID - Hampir 5 bulan, pandemi virus corona (Covid-19) masih mewabah di Tanah Air.

Meski masih berjuang melawan pandemi virus corona, kali ini ada kabar yang cukup membahagiakan untuk masyarakat.

Mari kita simak kabar gembira dari pemerintah di tengah wabah Covid-19.

Baca Juga: Yakin Cara Jitu Ini Mampu Usir Pandemi Covid-19, Warga India : Kami Menyembah Dewi Corona Setiap Hari Sampai Ia Puas!

Sri Mulyani bagikan kabar gembira terkait Bansos Covid-19 2020 untuk UMKM di tahun ini.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga sempat membagikan kabar gembira terkait perpanjangan Bansos Covid-19 hingga Desember 2020.

Untuk yang ingin mendapatkannya bisa langsung segera cek data penerima bansos di cekbansos.siks.kemsos.go.id.

kompas.com
kompas.com

Bansos Covid-19

Baca Juga: Optimis Wabah Corona Segera Berakhir, 3 Vaksin Covid-19 Ini Dianggap Menjanjikan Salah Satunya di Indonesia!

Pemerintah sebelumnya memang sengaja memberikan Bansos dari April hingga Juni 2020 untuk meringankan beban masyarakat lapisan bawah akibat penyebaran virus Corona.

"Ada hal yang tadi diputuskan oleh sidang kabinet, yakni untuk Bansos yang selama ini diberikan dalam bentuk sembako, pertama, bansos ini diperpanjang sampai Desember," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rapat terbatas dengan presiden, Rabu, (3/6/2020).

Hanya saja menurut dia, nilai bansos yang diberikan akan berkurang separuh dari nilai Bansos yang diberikan pada rentang waktu April-Juni 2020, yakni hanya RP 300 ribu tiap bulannya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Peneliti Ungkap Kandungan Eucalyptol untuk Jalani New Normal

"Mulai Juli hingga Desember manfaatnya akan turun dari Rp 600 ribu menjadi Rp 300 ribu per bulan," katanya.

Terbaru, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah bakal mengucurkan bantuan sosial (bansos) untuk pelaku UMKM.

Disebutkan jika Bansos tersebut bakal dikucurkan kepada UMKM yang belum bisa mendapatkan akses kredit.

Baca Juga: Kerap Olok-olok Tiongkok Saat Virus Corona Menyerang, Trump Jilat Ludah Sendiri dengan Tawarkan Kerjasama Saat Negeri Tirai Bambu Itu Berhasil Buat Vaksin Covid-19

Sri Mulyani pun mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki masih meraccik skema yang tepat untuk penyaluran bansos tersebut.

Sebab, salah satu kendala yang dihadapi untuk menyalurkan bansos kepada sektor UMKM yg belum tersentuh pembiayaan adalah data dari pelaku UMKM yang bersangkutan.

"Bapak Presiden meminta kami dan Pak Teten adalah bagaimana memberikan modal kerja dalam bentuk bansos kepada UMKM yang belum mendapatkan akses kepada pembiayaan," ujar Sri Mulyani, Senin (21/7/2020).

Baca Juga: Anak Dikira Stroke Saat Ikuti Kelas Online, Orangtua Bocah Ini Terkejut Usai Tahu Fakta Sebenarnya

"Ini masalahnya lebih kepada datanya," tambah dia. Bendahara Negara itu pun mengatakan, pihaknya secara sengaja tidak memberikan bantuan dalam bentuk kredit modal kerja.

Namun, dengan bansos tersebut diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM untuk bisa lebih produktif di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Mereka tidak diberikan dalam bentuk kredit kerja tapi bansos yang diharapkan produktif. Ini sedang kita formulasikan," ujar dia.

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin dari Oxford Disebut Mampu Hasilkan Respon Imun yang Diharapkan Bisa Tangkal Corona

Bendahara Negara itu mengatakan, bansos tersebut bakal diumumkan dalam satu hingga dua pekan ke depan.

Dengan demikian, pemerintah tidak hanya memberikan dukungan kepada masyarakat, UMKM kecil dalam bentuk transfer langsung untuk hal-hal konsumtif, namun juga produktif.

Selain itu, Sri Mulyani pun mengatakan, berbagai stimulus pemerintah yang tadinya dirancang hanya untuk dilakukan selama tiga bulan, bakal diperpanjang hingga Desember.

Baca Juga: Ahmad Yurianto Tak Lagi Jadi Jubir Penanganan Covid-19, Tanggung Jawab Lain Telah Menanti Usai Gugus Tugas Resmi Dibubarkan

Hal tersebut mengingat kasus Covid-19 di Indonesia yang masih terus bertambah setiap hari.

“Sekarang dengan situasi yang kita lihat bahwa perkembangan COVID ini akan cukup panjang, semua measure itu semua diperpanjang sampai Desember.

Itu kita harapkan dapat memberikan ketenangan dan keyakinan kepada semua hal, baik di Bansos, kesehatan, serta untuk dunia usaha seperti UMKM dan korporasi,” tutur Sri Mulyani.

Artikel ini telah tayang di GridHits.ID dengan judul Buat Tenang Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Bansos Covid-19 2020 Untuk UMKM: Bapak Presiden Meminta Kami

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHITS

Baca Lainnya