Temukan Jenis Baru, Peneliti China Ungkap Virus Corona Bisa Bertahan Dalam Tubuh Sampai 49 Hari

Jumat, 03 April 2020 | 16:35
Freepik.com

ilustrasi virus corona.

GridHype.ID - Virus corona hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat bagi semua orang.

Penyebarannya yang semakin hari semakin luas dan meningkat, menjadikan momok menakutkan untuk negara di seluruh dunia.

Termasuk di negara kita sendiri, Indonesia, Covid-19 telah menginfeksi hingga puluhan ribu dengan puluhan korban telah meninggal dunia.

Baca Juga: Terkuak Fakta Heboh Pernikahan Kapolsek Kembangan di Tengah Wabah Corona Sampai Dihadiri Awkarin, Tamu Undangan : Ini Pernikahan Higienis yang Pernah Saya Kunjungi

Pemerintah pun masih pontang-panting berusaha untuk menekan angkat tersebut dengan menerapkan sejumlah kebijakan.

Diantaranya adalah melakukan psychical distancing, bekerja dari rumah, meliburkan sekolah, dan melarang adanya keramaian.

Namun, kabar kurang enak justru datang dari para ahli yang meneliti virus corona.

Baca Juga: Mulutmu Harimaumu, Artis Korea Ini Terancam Penjara Usai Ngaku Positif Corona di Momen April Mop

Melansir dari lama Wartakotalive, peneliti menemukan fakta bahwa virus corona bisa bertahan di tubuh manusia sampai 49 hari.

Padahal awalnya dikatakan kalau virus tersebut akan menghilang sendirinya selama 14 hari atau dua minggu.

Hal ini lantaran virus corona telah bermutasi lebih ganas dari Covid-19 yang ada sekarang.

Baca Juga: Bersembunyi Lebih dari 40 Hari di Pasar Seafood Wuhan, 1 Keluarga Ditemukan Selamat dari Virus Corona Meski Tak Memakai Alat Pelindung

Dailymail.co.uk menginformasikan, peneliti China mengklaim mereka telah menemukan sub-jenis mutasi baru dari virus corona yang memiliki kemampuan jangka panjang untuk menginfeksi orang lain.

Hal ini diketahui melalui kasus seorang pria paruh baya positif Covid-19 masih bisa menularkan virus tersebut dalam kurun waktu 49 hari, kejadian yang sebelumnya belum pernah terjadi.

Namun, gejala pria itu ringan dan para peneliti mengatakan dia tampaknya telah membentuk 'keseimbangan dinamis' dengan virus tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Cara Berbelanja Saat Kita Harus ke Supermarket di Tengah Wabah Corona

Disebutkan kalau pasien virus corona tersebut mengunjungi sebuah rumah sakit di Wuhan untuk menjalani tes SARS-Cov-2 pada 8 Februari 2020.

Ia mengaku mengalami dan demam sekitar dua minggu, tapi tidak ada gejala lain seperti batuk dan sesak napas.

Hasil tes pun menyatakan sang pria masih positif mulai dari hari ke-17 sampai ke-49.

Ini menunjukkan bahwa pasien 'menumpahkan' virus selama 49 hari, sebuah istilah ilmiah yang menggambarkan bagaimana orang mengekskresikan penyakit dalam napas mereka atau melalui tetesan bersin dan batuk.

Baca Juga: Silent Killer! Dari Kelelahan Mental hingga Hilangnya Nafsu Makan, 6 Gejala Tak Umum Infeksi Virus Corona yang Justru Berbahaya

Virus corona baru hasil mutasi ini memiliki toksisitas yang lebih rendah, tidak menular, tetapi lebih sulit untuk dihilangkan. Tampaknya mempengaruhi baik yang muda maupun yang tua.

Para peneliti China telah membahas kemungkinan dua jenis utama SARS-CoV-2, yaitu subtipe L dan subtipe S.

Tipe L lebih lazim yang terdiri dari sekitar 70 persen pada semua pasien dan lebih cenderung menyebar daripada tipe S, peneliti China menemukan.

Seorang dokter bernama dr. Lin Tan bersama rekan penelitinya menyampaikan hal ini secara langsung.

Baca Juga: Sejak Diberlakukannya Lockdown Akibat Corona Angka Perceraian di China Melonjak Drastis!

“Kami tidak dapat memastikan bahwa virus yang terkait dengan Kasus 1 adalah tipe S, tipe L yang bermutasi, atau subtipe baru. Tapi, kami tidak dapat mengecualikan subtipe baru asli yang tidak diidentifikasi."

Mereka pun memperingatkan bahwa pasien 'kronis' lain yang mungkin tidak akan diobati karena gejala ringan mereka dapat terus menyebarkan infeksi dan menyebabkan wabah baru.

Artikel ini telah tayang di Nakita.ID dengan judul Bukan Kabar Baik, Update Terbaru COVID-19, Peneliti China Temukan Virus Corona Jenis Baru Bisa Bertahan Sampai 49 Hari(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya