Follow Us

Tips Kesehatan bagi Penderita Diabetes, Kadar Gula Darah Bisa Langsung Turun Hanya dengan Berpuasa loh

Grid., Helna Estalansa - Minggu, 26 Maret 2023 | 11:10
Berpuasa dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes
Freepik

Berpuasa dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

GridHype.ID - Tips kesehatan ini wajib diketahui oleh semua orang, terutama bagi penderita diabetes.

Sebab, tips kesehatan ini akan membagikan sederet manfaat puasa yang ternyata baik untuk penderita diabetes.

Benarkah demikian? Untuk tahu jawabannya, kamu harus simak tips kesehatan ini sampai selesai.

Seperti diketahui, berpuasa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, peningkatan kontrol gula darah, dan penurunan peradangan.

Menahan makan dan minum dalam selama beberapa jam kemungkinan juga menawarkan perlindungan terhadap kondisi tertentu seperti kanker dan gangguan neurodegeneratif.

Terlepas dari lonjakan popularitasnya baru-baru ini, puasa adalah praktik yang telah berlangsung selama berabad-abad dan memainkan peran sentral dalam banyak budaya dan agama.

Dikutip dari laman Healthline, Rabu (22/3/2023), puasa didefinisikan sebagai tindakan pantang mengkonsumsi semua atau beberapa makanan maupun minuman untuk jangka waktu tertentu, ada banyak cara puasa yang berbeda.

Puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga membuat fungsi otak menjadi lebih baik.

Momentum menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan ini diyakini dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, ini tentu sangat berguna bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Faktanya, satu penelitian pada 10 orang orang yang menderita Diabetes Melitus (DM) tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah mereka.

Sementara itu, tinjauan tahun 2014 lainnya menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin.

Source : Tribunnews.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest