Follow Us

Doa Harian yang Bisa Diamalkan Setelah Sholat Taubat, Jadi Penyempurna Ibadah

None, Puspita Rahayu - Jumat, 03 Februari 2023 | 05:00
doa harian yang bisa dimalkan setela sholat taubat
Tribunnews.com

doa harian yang bisa dimalkan setela sholat taubat

Gridhype.id- Berikut adalah doa harian yang bisa diamalkan setelah melakukan sholat taubat.

Dengan mengamalkan doa harian ini maka kita akan mendapatkan kebaikan luar biasa dari sholat taubat yang telah dilaksanakan.

Sholat taubat termasuk dalam salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan, maka amalkanlah doa harian ini sebagai penyempurna.

Umat Islam minimal bisa melaksanakan Sholat sunnah Taubat ini minimal sekali seumur hidup.

Umat Islam mari kita laksanakan sholat sunnah, sholat taubat ada banyak Dalil yang menjadi dasar anjuran ditunaikannya sholat taubat.

Satu di antaranya yakni Hadist Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dari Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

“Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّر – وفي رواية: فيحسن الوضوء – ، ثُمَّ يُصَلِّى – وفي رواية: ركعتين –، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّه؛َ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ»، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ {وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Artinya:

“Tidaklah seorang (muslim) melakukan suatu perbuatan dosa, lalu dia bersuci – dalam riwayat lain: berwudhu dengan baik –, kemudian melaksanakan shalat – dalam riwayat lain: dua rakaat –, lalu meminta ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni (dosa)nya”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat ini (yang artinya), “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah, dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui” (QS. Ali ‘Imraan:135)," (HR At-Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Source : poskupang

Editor : Puspita Rahayu

Baca Lainnya

Latest