Follow Us

Mode Gelap di Ponsel Bisa Bikin Baterai Lebih Awet, Benarkah?

None, Puspita Rahayu - Minggu, 29 Januari 2023 | 18:00
mode gelap pada ponsel berkaitan dengan penggunaan daya baterai

mode gelap pada ponsel berkaitan dengan penggunaan daya baterai

Gridhype.id- Pengguna ponsel tentu tidak asing lagi dengan fitur mode gelap dan mode terang yang bisa dipilih sesuai selera.

Penggunaan mode gelap dan mode terang ini memang memiliki keunggulan masing-masing bagi setiap pengguna ponsel.

Dianggap lebih teduh dalam pandangan mata, banyak pula yang menyimpulkan bahwa mode gelap bisa menghemat baterai ponsel.

Beberapa tahun belakang, pengembang software berbondong-bondong menggulirkan mode gelap (dark mode) dengan aneka tingkat kegelapan yang beragam. Fitur ini disebut bisa membantu konsumsi daya perangkat lebih irit.

Tingkat kecerahan layar dan warna latar disebut mempengaruhi konsumsi daya. Dengan mengganti layar dari terang ke gelap, otomatis tingkat kecerahan menurun dan dinilai bisa ikut menghemat konsumsi daya.

Meskipun hal itu benar, menurut hasil riset terbaru dari American Purdue University, mode gelap ternyata tidak begitu signifikan menekan konsumsi daya baterai perangkat.

Menggunakan alat yang mereka buat sendiri, para peneliti meriset enam aplikasi Andorid yang paling banyak diunduh di Google Play, yakni Google Maps, Goole News, Google Phone, Google Calendar, YouTube, dan Kalkulator.

Adapun alat yang digunakan adalah Per-Frame OLED Power Profiler (PFOP) yang kini sedang didaftarkan hak patennya untuk menganalisis konsumsi daya pada layar OLED

Para peneliti mempelajari bagaimana mode malam mempengaruhi aktivitas masing-masing aplikasi tersebut selama 60 detik. Mereka menggunakan perangkat Pixel 2, Moto Z3, Pixel 4, dan Pixel 5 yang dibekali layar OLED.

Konsumsi daya layar jenis OLED paling terdampak dengan mode gelap. Pasalnya, layar OLED akan mengurangi atau mematikan piksel di layar di area-area yang berwarna gelap.

Sama Saja dengan Mode Biasa di Kecerahan Rendah

Source : Kompas.com

Editor : Puspita Rahayu

Baca Lainnya

Latest