Follow Us

Fakta Baru Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Anak Korban Ternyata Sempat Beri Susu dan Sisir Rambut Mayat Ibunya, Kriminolog: Indikasi Delusi...

Helna Estalansa - Rabu, 23 November 2022 | 09:15
Satu keluarga di Kalideres tewas di rumah
TribunnewsBogor.com

Satu keluarga di Kalideres tewas di rumah

GridHype.ID - Fakta mengejutkan dari tewasnya keluarga di Kalideres kembali terungkap.

Fakta mengejutkan ini bahkan membuat sebagian masyarakat syok sekaligus takut.

Betapa tidak? Salah satu jasad seorang ibu ternyata sudah meninggal sejak bulan Mei 2022 lalu, namun tetap disimpan oleh sang anak.

Melansir dari Kompas.com, Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI), Adrianus Eliasta Meliala menduga, ada indikasi delusi terhadap Dian (41), anak dari keluarga yang ditemukan tewas membusuk di Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (22/11/20220).

Hal itu ia ungkapkan lantaran Dian masih terus menyimpan jasad ibunya, Reny Margaretha Gunawan (68), yang diduga telah tewas sebelum 13 Mei 2022.

Tak hanya itu, Dian masih terus memberikan susu dan menyisir rambutnya itu.

"Selain terkait ada keyakinan tertentu, nampaknya ada indikasi delusi juga. Anak yang memberi susu pada jenazah ibunya dan seterusnya, itu gejala sakit jiwa psikotik," ujar Adrianus, kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Untuk itu, Adrianus mengatakan penyelidikan lewat psikologi forensik diperlukan untuk mengetahui kaitannya antara perilaku korban dengan hal-hal yang diduga sebagai tindak pidana.

Menurut Adrianus, penyelidikan itu bisa berguna bagi peradilan.

Adrianus mengakui penyelidikan memang amat terbatas lantaran seluruh pihak yang diduga terlibat sudah tewas di rumahnya sendiri.

Selain itu otopsi psikologis terhadap empat korban mati, juga akan ada observasi tempat kejadian perkara (TKP) dan penilaian (assesment) 360 derajat terhadap semua orang yang diperkirakan pernah berkontak dengan korban.

Baca Juga: Fakta Terbaru Temuan Mayat Keluarga di Kalideres, Jasad Sang Ibu Dianggap Hidup Sampai Sang Anak Rutin Beri Susu

Source : Kompas.com, Tribun-Medan.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest