Follow Us

WASPADA Penipuan Berkedok Link WhatsApp Mengintai Isi Rekening, Ini Kata Pakar Keamanan Siber

Puspita Rahayu - Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:00
penipuan
kompas.com

penipuan

Gridhype.id- Belakangan ini masyarakat diresahkan dengan adanya social engineering (soceng) atau penipuan yang merugikan nasabah perbankan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pakar Kemanan Siber sekaligus Ketua Indonesia Cyber Security Forum Ardi Sutedja mengimbau masyarakat untuk lebih waspada.

Masyarakat juga diminta untuk tidak gegabah mengeklik tautan yang dibagikan oleh nomor tidak dikenal.

Pasalnya, sejumlah pelaku kejahatan biasanya mempresentasikan diri sedemikian rupa layaknya akun resmi perbankan.

Hal ini biasanya tampak pada foto profil nomor WhatsApp yang digunakan untuk melancarkan aksinya.

Ardi menyebut bahwa masyarakat harus lebih berhati-hati untuk tidak memberikan data pribadi dan perbankan ke pelaku yang mengatasnamakan bank tertentu.

Perlu dipahami pula bahwa lembaga resmi memiliki call center dan tidak menggunakan nomor prabayar untuk keperluan perbankan.

“Tips saya, kalau ada nomor yang tidak jelas, segeradiblokir saja. Nomor penipuan itu kebanyakan menggunakan nomor prabayar. (Padahal) biasanya kalau lembaga resmi itu punya call center dan tidak menggunakan nomor prabayar. Pokoknya, jangan sekali-kali membuka link yang diberikan dari nomor-nomor yang mencurigakan,” kata Ardi dilansir dari kompas.com.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI Aestika Oryza Gunarto menyampaikan hal serupa.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak serta merta memberikan data pribadi melalui link dari sumber tidak resmi.

Hal tersebut dapat dilakukan guna mencegah terjadinya kerugian akibat penipuan yang kini marak mengatasnamakan sejumlah bank.

Source : Kompas.com, Tribun Sumsel

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest